nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Ungkap Alasan Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 10:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 17 338 2093154 anies-ungkap-alasan-gelar-upacara-peringatan-hut-ke-74-ri-di-pulau-reklamasi-Vj7qymxo1h.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan hari ini memimpin upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT ke-74 RI di kawasan reklamasi, Pulau D. Dalam amanatnya, Anies mengungkapkan bahwa pelaksanaan upacara HUT ke-74 RI di pulau reklamasi bertujuan mengirim sinyal bahwa pulau reklamasi di Teluk Jakarta adalah milik bersama.

"Kita baru saja selesai mengadakan upacara di Pantai Maju. Ini adalah lahan hasil reklamasi dan sengaja kita selenggarakan di sini untuk mengirimkan pesan kepada semua bahwa lahan ini dahulunya tertutup seakan milik pribadi bahkan unsur pemerintah masuk pun sering mengalami kesulitan, hari ini kita selenggarakan upacara di sini untuk mengirim pesan pada semua bahwa ini adalah Tanah Air kita," katanya kepada wartawan di kawasan reklamasi, Teluk Jakarta, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Menurutnya, seluruh kawasan reklamasi di Teluk Jakarta adalah milik bangsa Indonesia, oleh sebab itu Pemprov DKI menggelar upacara bendera di pulau reklamasi.

Anies Baswdan

"Ini adalah tanah kita dan kita ingin memastikan bahwa bendera merah putih pun berkibar di tanah ini, ini di bawah negara Republik Indonesia, karena itulah seluruh jajaran dan masyarakat kita menyelenggarakan upacara di tanah ini," kata Anies.

Mantan Mendikbud itu menuturkan bahwa upacara di pulau reklamasi merupakan apresiasi terhadap para pejuang di Jakarta semua pejuang kemerdekaan dan turunannya tidak dibebani pajak bumi dan bangunan

"Mereka bekerja membebaskan bangsa kita dari kolonialisme. Banyak dari mereka yang tinggal di rumah yang sama sejak masa itu terusir karena tidak mampu membyar pajak. Di tanah yang mereka perjuangkan dia tidak bisa membayar pajak," tuturnya.

"Karena itulah kita di Jakarta membalik kebijakan-kebijakan itu dengan kita membebaskan para legiun veteran, para keluarga pahlawan, para pemegang bintang-bintang jasa perjuangan untuk bisa tinggal di kota ini. Karena ironis, mereka yang berjuang membebaskan dari kolonialisme justru terusir dari tanahnya sendiri," ujar Anies.

1
2

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini