nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Salah Sebut Usia Indonesia Merdeka Warnai Upacara Bendera di Pulau Reklamasi

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 17 338 2093203 salah-sebut-usia-indonesia-merdeka-warnai-upacara-bendera-di-pulau-reklamasi-QYzR0eFjBo.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan saat mengikuti upacara di Pulau Reklamasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kejadian salah menyebut usia Indonesia merdeka mewarnai upacara bendera dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) oleh Pemprov DKI Jakarta yang diselenggarakan di Pulau D Reklamasi, Sabtu (17/8/2019).

Kejadian bermula ketika Kepala Bidang Penyidik PNS (Kabid PPNS) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Eko Saptono didapuk menjadi komandan upacara melapor ke Gubernur DKI, Anies Baswedan selaku inspektur upacara. Ia melaporkan bahwa pengibaran bendera di atas lahan pulau buatan itu akan segera dimulai.

"Lapor, upacara pengibaran bendera merah putih, dalam rangka peringatan hari ulang tahun Indonesia ke-73," ucap Eko saat melapor ke Anies di lokasi upacara.

Menyadari kesalahannya, Eko sempat terdiam beberapa detik. Seluruh peserta upacara termasuk Anies sendiri lantas terdiam mendengar kekeliruan tersebut. Eko pun segera meralat ucapannya. "74 Kemerdekaan Republik Indonesia siap dimulai," ucapnya.

Anies kemudian menimpali Eko, dengan memintanya untuk melanjutkan acara pengibaran bendera. "Lanjutkan," singkat Anies.

ASN upacara di Pulau Reklamasi

Upacara bendera di Pantai Maju ini diikuti oleh semua jajaran pegawai Pemprov DKI. Jumlahnya mencapai 4.000 orang. Ada sekitar 75 bus Transjakarta yang disediakan untuk mengangkut para PNS ini ke Pantai Maju.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, alasan dirinya menggelar upaca bendera di atas lahan reklamasi tersebut adalah simbol bahwa lahan itu milik negara bukan milik swasta.

(put)

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini