nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tawa Kebahagiaan Warnai Serunya Lomba Panjat Pinang di Ragunan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 17:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 17 338 2093262 tawa-kebahagiaan-warnai-serunya-lomba-panjat-pinang-di-ragunan-WIKrqllc53.JPG Lomba panjat pinang di Ragunan (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA - Beragam kemeriahaan menyambut HUT kemerdekaan ke-74 RI. Upacara hingga perlombaan tradisional biasanya tidak pernah ketinggalan.

Seperti yang terlihat di RW 08 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di sana digelar lomba panjat pinang dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan.

Lomba panjat pinang yang diikuti warga sekitar dihelat dalam sebuah lapangan. Di situ terjajar dua buah batang pinang yang sudah dipasangi hadiah seperti rice cooker, hingga kipas angin.

Sekitar 12 orang ikut dalam lomba panjat pinang itu. Satu pohon pinang berisikan enam orang untuk saling bahu-membahu menuju puncak dan memetik hadiah.

Para peserta yang merupakan warga sekitar harus berjuang mendapat hadiah dengan memanjat pohon pinang yang sudah diolesi lumpur. Sehingga kondisi pinang licin dan tak jarang peserta lomba jatuh ke bawah kembali.

Lomba Panjat Pinang di Ragunan

Tak heran hal ini pun membuat para penonton tertawa lantaran lucunya melihat aksi yang dilakukan oleh peserta dalam berjuang meraih hadiah. Namun ada juga di antaranya justru memberikan semangat.

Dibutuhkan waktu sekiranya satu jam lebih bagi para peserta untuk menaklukkan hadiah di pohon pinang beroleskan lumpur. Mereka pun memetik hadiah yang sudah ada dan membagikan kepada anggota tim masing-masing.

"Sekitar satu jam usaha buat naik ke atas," kata Izal salah satu peserta, Sabtu (17/8/2019).

Sementara, salah satu masyarakat bernama Muti mengatakan, kegiatan lomba panjat pinang merupakan hal yang rutin setiap tahunnya. Apalagi menurutnya kegiatan ini bisa menjadi hiburan bagi warga.

"Rutin setiap tahunnya. Karena memperebutkan hadiah dan juga seru di tonton," ujar Muti.

Selain menggelar lomba panjat pinang RW 08 juga membuat lomba bagi anak-anak. Seperti lomba membawa kelereng hingga lomba makan kerupuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini