nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komunitas Peduli Lingkungan Upacara HUT Ke-74 RI di Sungai Cisadane

Isty Maulidya, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 21:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 17 338 2093318 komunitas-peduli-lingkungan-upacara-hut-ke-74-ri-di-sungai-cisadane-qr2Zn3obQc.jpg Upacara 74 tahun kemerdekaan Indonesia di Sungai Cisadane. (Foto: Isty Maulidya/Okezone)

TANGERANG – Komunitas peduli lingkungan menggelar upacara pengibaran bendera di atas Sungai Cisadane, Tangerang, Banten, untuk memperingati 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Pengibaran bendera ini dihadiri 20 komunitas, di antaranya dari kalangan masyarakat, nelayan, pendaki, samsaka, dan pramuka dari berbagai sekolah di Kota Tangerang. Para peserta tampak khidmat mengikuti upacara pengibaran bendera dari atas sampan.

Baca juga: Hadiri Upacara di Istana, 9 Pasis Mancanegara Akan Ceritakan Kenangannya 

Selain menggelar upacara di atas Sungai Cisadane, mereka juga membentangkan bendera merah putih selebar 30 meter sebagai wujud masyarakat cinta lingkungan. Dengan begitu, masyarakat akan sadar betapa pentingnya menjaga sungai sebagai salah satu sumber kehidupan.

Ini merupakan rangkaian kegiatan kampanye untuk menyerukan Sungai Cisadane yang bersih dan bebas sampah.

"Hari ini kami peringati bukan sekadar hari kemerdekaan Republik Indonesia, tapi juga momentum untuk terus menyerukan Kampanye Cisadane Merdeka dari Sampah dan Limbah," tutur ketua komunitas peduli lingkungan Ade Yunus, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Jokowi ke Paskibraka: Indonesia Dicontoh Negara Lain karena Sikap Toleransi 

Ia menambahkan, pihaknya bersama para aktivis dan pegiat lingkungan akan terus memberikan edukasi pentingnya menjaga Sungai Cisadane.

Dijelaskan, dipilihnya Sungai Cisadene sebagai tempat upacara adalah untuk mengajak masyarakat menjaga kelestarian lingkungan, khususnya yang menjadi sumber air masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya.

"Tujuan dari kegiatan kita menggelar upacara di tengah Sungai Cisadane untuk mengajak masyarakat melestarikan lingkungan serta membuat masyarakat mencintai lingkungan" ujar pembina komunitas peduli lingkungan Ius Bakti Setia.

Ke depannya, ia berharap masyarakat bisa lebih sadar pentingnya menjaga lingkungan dan tetap menjaga jati diri bangsa Indonesia yang beradat, berperikemanusiaan, serta menjunjung tinggi nilai moral.

(han)

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini