nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan HUT RI, Warga Tangerang Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 74 Meter

Isty Maulidya, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 01:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 338 2093350 rayakan-hut-ri-warga-tangerang-bentangkan-bendera-merah-putih-sepanjang-74-meter-PmAvgeynYW.jpg Warga Kebon Indah, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Tangerang, pawai bendera merah putih sepanjang 74 meter, Sabtu (17/8/2019). (Foto : Isty Maulidya/Okezone)

TANGERANG – Warga Kebon Indah Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang menggelar pawai kemerdekaan untuk peringati HUT Ke-74 pada 17 Agustus 2019. Uniknya, dalam pawai tersebut warga juga membentangkan bendera merah putih sepanjang 74 meter.

Hal tersebut rupanya sudah menjadi tradisi warga Panunggangan Barat dalam merayakan kemerdekaan. Panjang bendera akan terus bertambah setiap tahunnya sesuai dengan umur kemerdekaan Indonesia.

Gery Adam, selaku Ketua Forum Remaja Kebon Indah (FRKI) mengatakan, pawai bendera tersebut adalah ide para pemuda di wilayah Kebon Indah. Selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan, pawai bendera bertujuan untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan bendera merah putih.

"Tujuan kita itu untuk memeriahkan acara 17 Agustus. Selain itu, kita juga bisa mengingat kembali bahwa dulu sangat sulit mengibarkan bendera merah putih," ujarnya, Sabtu (17/8/2019).

Warga Kebon Indah Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, pawai bendera merah putih sepanjang 74 meter. (Foto : Isty Maulidia/Okezone))

Gery mengatakan, warga dan juga pemerintah setempat sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Pasalnya para peserta pawai membawa bendera tersebut keliling kampung, sehingga dari atas akan tampak bendera merah putih berjalan mengikuti bentuk jalan.

"Kita didukung RT/RW setempat dan juga karang taruna. Warga juga antusias, ikut ada yang mengecat badan menjadi merah putih, ada juga yang pakai pakaian adat. Anak-anak sini tugasnya bawa foto pahlawan," ucap Gery.

Ke depannya, Gery berharap kegiatan ini dapat memperkuat rasa persatuan antarwarga, karena bendera merah putih panjang yang dibawa merupakan simbol bahwa masyarakat Indonesia merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.


Baca Juga : Di Tengah Tugas Padamkan Karhutla, Satgas Gelar Upacara HUT Ke-74 RI

"Bendera itu kita yang bawa, artinya kita berada di bawah naungan yang sama. Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa memperkuat rasa persatuan dalam diri kita," tuturnya.


Baca Juga : Tentara Malaysia Bantu Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Perbatasan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini