nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Muncul Modus Pencurian Mobil Mewah Pakai Obat Perangsang

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 19:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 18 338 2093549 waspada-muncul-modus-pencurian-mobil-mewah-pakai-obat-perangsang-4O8dv8vASx.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Jajaran Polda Metro Jaya mengungkap kasus dugaan pencurian mobil dengan modus menggunakan obat perangsang di daerah Jakarta. Polisi mengamankan dua orang tersangka yakni, JA alias Jafar (45) dan CH alias Cecep (50) dalam kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan, pencurian tersebut terjadi pada 28 Juli 2019. Dalam aksinya, Jafar dan Cecep berpura-pura sebagai konsumen tajir yang akan membeli mobil mewah milik korbannya.

"Ada tersangka namanya Jafar dan Cecep, dia ngontrak di apartemen di Jakarta Pusat tapi dia sering pindah-pindah dan ia cuma menyewa 1 hari untuk transaksinya aja. Nah kenapa ada di apartemen, itu biar pembeli percaya kalau tersangka tinggal di apartemen," kata Argo saat dikonfirmasi, Minggu (18/8/2019).

Modus yang digunakan kedua tersangka tersebut yakni dengan mencari korban yang hendak menjual mobil mewah melalui internet. ‎‎Setelah mendapatkan korban, kata Argo, tersangka Cecep menghubungi korban dan berpura-pura ingin membeli mobil korban.

Kemudian, kedua tersangka meminta korbannya untuk bertemu dan transaksi di kamar apartemen yang disewanya per hari. Hal ‎itu dilakukan para tersangka untuk meyakinkan korbannya.

Foto: Shutterstock

"Karena korban senang mobil deal harga Rp 1,3 Miliar, akhirnya korban menyuruh sopirnya dengan mobil BMW ketemu Cecep," ungkap Argo.

Saat sopir korban bertemu pelaku, tersangka Jafar meminta izin untuk mencoba mobil tersebut. Sedangkan tersangka Cecep memberikan minuman dengan dicampur obat perangsang agar korban tertidur.

"Saat ketemu kan berbicara oke senang dengan mobil dan mau coba mobilnya. Pada saat sopir sendiri ada di lantai 2 di apartemen ini dia diberi minum oleh Cecep, dikasih obat perangsang," tutur Argo.

Saat korban tertidur, Cecep mengambil surat-surat mobil itu dan pergi bersama Jafar meninggalkan korban. Para tersangka kabur hingga ke daerah Bandung dan sempat menjual mobil BMW milik korban. Kedua tersangka tersebut pun akhirnya ditangkap di tempat yang berbeda.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP dan Pasal 365 KUHP. Kedua tersangka terancam hukuman 9 tahun penjara.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini