nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polres Depok Gratiskan Pemohon SIM yang Lahir Tepat 17 Agustus

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 22:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 338 2094010 polres-depok-gratiskan-pemohon-sim-yang-lahir-tepat-17-agustus-HA0ShSNx2Z.jpg Pembuatan SIM di Polres Depok saat HUT Ke-74 RI (foto: Wahyu M/Okezone)

DEPOK - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 74, ada hal unik yang terjadi di Satpas 1221 SIM Polresta Depok, Jawa Barat. Dengan mengenakan pakaian adat dan pahlawan, seluruh petugas melayani pemohon SIM (Surat Izin Mengemudi) secara gratis khusus hari ini.

Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan pelayanan SIM gratis bagi masyarakat ini memiliki syarat tertentu, salah satunya pemohon yang lahir pada 17 Agustus dan bertepatan pada hari kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: HUT Ke-74 RI, Istana Pajang 2 Mobil Era Soeharto hingga Tampilkan Musik Bambu Hitada 

"Syaratnya harus lahir pada 17 Agustus tapi harus sudah cukup usia bukan anak-anak. Selain itu harus membawa e- KTP surat keterangan sehat dan lulus ujian teori atau praktek," kata Sutomo kepada Okezone, Senin (19/8/2019).

Pembuatan SIM di Polres Depok saat HUT Ke-74 RI (foto: Wahyu M/Okezone) 

Dia mengungkapkan menggunakan pakaian adat nusantara dan pahlawan memiliki makna bahwa bangsa Indonesia berbagai macam suku satu berbhineka tunggal ika. Selain itu untuk kostum pahlawan menandakan jasa pahlawan yang telah ikut memerdekakan bangsa dari para penjajah.

"Ini salah satu wujud pelayanan prima kepada masyarakat dan masyarakat juga menyambut dengan antusias," tuturnya.

Sutomo mengaku sampai siang ini baru ada lima orang warga Depok yang mendapatkan SIM gratis pada program Hari Kemerdekaan RI ke 74.

"Hingga sampai siang ini Baru ada lima orang warga Depok yang telah dibuatkan SIM gratis. Kami masih menunggu karena khusus hari ini," jelasnya.

Baca Juga: 74 Tahun RI Merdeka, Desa di Gowa Masih Gelap Gulita 

Selain pakaian adat nusantara dan pahlawan, pihaknya juga menyediakan tumpeng setinggi satu meter bertatakan susunan makanan kue tradisional khas nusantara. Tumpeng kue yang disediakan petugas untuk pembuat SIM di Satlantas Depok

"Tumpeng yang ada bukan dari nasi tapi makanan kue tradisional khas nusantara dengan harapan masyarakat sebagai pemohon SIM dapat ikut serta merasakan moment peringatan Kemerdekaan 17 Agustus,” pungkasnya.

(fid)

Berita Terkait

HUT Ke-74 RI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini