nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Diusulkan Tambah Tiga Pengolahan Sampah ITF

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 04:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 20 338 2094086 pemprov-dki-diusulkan-tambah-tiga-pengolahan-sampah-itf-BSWUsxAAUE.jpeg Pengolahan sampah ITF Sunter. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Fraksi Partai Nasional Demokrat DPRD DKI Jakarta mengusulkan Pemerintah Provinsi DKI membuat perencanaan penambahan beberapa fasilitas pengolahan sampah seperti Intermediate Treatment Facility (lTF) Sunter, Jakarta Utara.

Dalam pandangan umum Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta terkait Rancangan Peraturan Daerah Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) 2019, Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus mengutarakan agar Gubernur Anies Rasyid Baswedan menambah pengolahan sampah ITF.

Baca juga: Ini Cara Jakpro agar Peserta Upacara di Pulau Reklamasi Tak Tinggalkan Sampah 

"Jakarta boleh berbangga dengan telah dilaksanakannya Ground Breaking ITF Sunter. Fraksi Nasdem menyarankan agar sekurangnya tiga ITF lagi dapat terbangun dalam waktu yang sangat cepat," kata Bestari saat sidang paripurna di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Senin 19 Agustus 2019.

Ia mengatakan penambahan ITF dikarenakan pada 2021 tempat pembuangan sampah akhir di Bantar Gebang, Bekasi, sudah tidak mampu lagi menampung sampah yang datang dari Ibu Kota. Sementara pembuatan ITF yang sedang berjalan baru akan diselesaikan pada 2022.

Baca juga: Kurangi Polusi Udara, Pemprov DKI Luncurkan Aplikasi E-Uji Emisi 

"Bantar Gebang sudah memasuki ambang batas kapasitas tampungnya sebagai tempat pembuangan akhir sampah kita. Kami menyarakan agar Gubernur dan jajaran terkait dapat pula menghadirkan dengan sangat cepat teknologi pengelolaan sampah Jakarta," bebernya.

Oleh karena itu, Nasdem mengusulkan adanya penambahan tiga ITF. Hal ini sebagai tindak lanjut kunjungan kerja DPRD DKI ke Surabaya guna membandingkan pengolahan sampah di Jakarta.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini