nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kali di Bekasi Dipenuhi Sampah, Warga Akui Tak Ada Penanganan Serius dari Pemkot

Wijayakusuma, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 16:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 20 338 2094351 kali-di-bekasi-dipenuhi-sampah-warga-akui-tak-ada-penanganan-serius-dari-pemkot-2MmIZ2zk7z.jpg Seorang Pemulung Nampak Mengambil Sampah Plastik di Kali Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat (foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI - Kali di Perumahan Wisma Jaya, Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan. Sepanjang aliran kali digenangi oleh tumpukan sampah yang diduga sengaja dibuang ke lokasi, sehingga membuat air menjadi hitam dan mengeluarkan bau tak sedap.

Dari pantauan Okezone di lokasi, kali dipenuhi oleh berbagai jenis sampah rumah tangga yang mayoritas berbahan plastik. Hal tersebut membuat pemandangan sekitar menjadi kumuh dan cukup mengganggu aktivitas warga di sekitaran lokasi.

Baca Juga: Sejumlah Muara Sungai di Karawang Masih Tercemar Tumpahan Minyak Pertamina 

Kali di Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat Dipenuhi Sampah (foto: Wijayakusuma/Okezone)

"Sudah tahunan. Sampah dari warga kampung sini, campur dari pihak perumahan ada juga," kata Karpin (41), warga Duren Jaya yang kediamannya tidak jauh dari lokasi kali, Selasa (20/8/2019).

Ironisnya, sampah yang menggenangi kali sepanjang 1,7 kilometer itu kabarnya belum mendapat penanganan dari pemerintah daerah. Kondisi ini pun diperparah dengan semakin meningkatnya warga yang ikut ambil bagian membuang sampah ke dalam kali.

"Enggak ada pembersihan gimana dari pemerintah. Enggak pernah ada kegiatan kerja bakti dari warganya, lingkungan RT/RW setempat juga enggak ada. Setahun lebih lah dibiarin sama pihak terkait," ungkapnya.

Menurut Karpin, persoalan bertambah pelik saat musim hujan tiba. Selain banjir, sampah yang berada di kali yang melintasi Klinik Handayani RW 03/RW 19 hingga waduk Wisma Jaya ujung, ikut meluap ke sekitaran rumah warga.

"Malah kalau hujan sampahnya juga sering hanyut ke kampung atas. Kalau hujan sampahnya pasti naik," paparnya.

Kali di Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat Dipenuhi Sampah (foto: Wijayakusuma/Okezone) 

Di sisi lain, Ahmad Komarudin, seorang pemulung yang kerap beraktivitas di Kali Perumahan Wisma Jaya, menuturkan kondisi kali sudah tergenangi sampah sejak 2007 silam.

"Saya dari 2007 di Bekasi sampai sekarang kondisi kali ini ya masih seperti ini," akunya saat sedang mengais sisa-sisa botol meneral di lokasi.

Kali di Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat Dipenuhi Sampah (foto: Wijayakusuma/Okezone)	 

Warga Rawakalong Pasar Polimer itu mengaku sering mengais rezeki di kali perbatasan antara Aren Jaya dan Duren Jaya, Bekasi Timur tersebut, lantaran dipenuhi sampah sisa rumah tangga yang masih bernilai jual.

Baca Juga: 300 Ribu Bakau di Bekasi Terancam Mati Akibat Tumpahan Minyak 

"Biasanya keluar mulai jam 06.00 WIB sampai siang. Setiap hari kaya gini, ngumpulin sisa botol mineral aja," ujarnya.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Pemkot Bekasi, Yayan Yuliana, tidak bisa dihubungi Okezone saat hendak dikonfirmasi terkait masalah ini.

Kali di Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat Dipenuhi Sampah (foto: Wijayakusuma/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini