nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buruh Demo di Depan Istana Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 21 Agustus 2019 13:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 21 338 2094736 buruh-demo-di-depan-istana-tolak-revisi-uu-ketenagakerjaan-DougQBvvi9.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Para buruh menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta. Massa sudah mulai terlihat dari Patung Kuda atau Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

Para buruh yang datang di antaranya tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (LEM SPSI). Mereka menolak revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

"Mau demo soal UU Ketenagakerjaan," ujar Ujang, salah satu buruh pabrik di Bekasi, Rabu (21/8/2019).

Baca Juga: Ada Demo Buruh, Jalan Medan Merdeka Selatan Arah Stasiun Gambir Ditutup Sementara

Ilustrasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para buruh merasa dirugikan atas revisi UU Ketenagakerjaan, selain pihak buruh tidak pernah dilibatkan dalam merumuskan UU tersebut, mereka menilai undang-undang itu memberi kebebasan bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk bekerja di Tanah Air.

Kapolsek Metro Gambir Kompol Wiraga Dimas Tama mengatakan, sedikitnya ada 2.300 personel polisi yang diterjunkan ke lokasi untuk mengawal aksi unjuk rasa buruh.

"Petugas gabungan dari Polres, Polsek dan Polda," katanya.

Wiraga menjelaskan, pihak kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional di kawasan Patung Kuda. "Mereka nanti titik kumpul aja. Rencananya bakal diterima pihak Istana Negara untuk menyampaikan aspirasinya," ujarnya.

Baca Juga: 4 Polisi Terluka saat Amankan Demo Mahasiswa di Kendari

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini