nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Heran Depok Juga Ingin Gabung Jakarta

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 22 Agustus 2019 14:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 22 338 2095255 anies-heran-depok-juga-ingin-gabung-jakarta-XlX9YAWrJY.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa heran ketika wilayah Depok dan Bekasi ingin bergabung bersama dengan daerah yang dipimpinnya.

"Baiknya gimana yah? Kenapa pada ingin gabung? Kita maju bersama yah kita?," ujar Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Kendati demikian, ia menyebutkan kalau penggabungan wilayah, seperti yang diusulkan oleh Depok dan Bekasi merupakan berdasarkan peraturan dari pemerintah pusat. Anies pun akan mematuhi apapun peraturan dari pemerintah pusat nantinya.

"Tentang status tata pemerintahannya, itu prosesnya di pemerintah pusat. Jadi bukan pendapat DKI. Ini adalah keputusan di pemerintah pusat, bagi saya, saya akan melihatnya secara konstitusional," paparnya.

"Apabila pemerintah pusat memutuskan ada perubahan dalam pembagian tata pemerintahan, kami akan taat. Apabila pemerintah pusat merasa ini tetap seperti sekarang, kami juga taat," tambah Anies.

Gubernur Anies

Baca Juga: Tak Hanya Bekasi, Ternyata Depok Juga Lebih Memilih Gabung ke DKI Jakarta

Oleh sebab itu, mantan Menteri Pendidikan dan Budaya tersebut tidak bisa mengutarakan pendapatnya lebih jauh. Sehingga, Anies tidak melarang mengenai usulan itu, ataupun menganjurkannya.

"Bagi kami tidak perlu beropini, karena itu keputusannya bukan wewenang DKI, itu wewenangnya pusat. Tapi kalau sebagai proses, silakan saja. Saya tidak bisa menganjurkan, saya juga tidak bisa melarang," tutupnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini