nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Batu Gabion, Pengganti Getah Getih di Bundaran HI

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 23 Agustus 2019 14:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 23 338 2095705 mengenal-batu-gabion-pengganti-getah-getih-di-bundara-hi-Ksnc8TLZGp.jpg Tumpukan Batu Gabion pengganti Getah Getih di Bundaran HI (Foto: Okezone/Arief)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memasang instalasi Gabion yang berupa tumpukan batu dalam kurungan besi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. Pemasangan itu untuk menggantikan bambu Getah Getih yang sebelumnya sudah dirobohkan.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan, pihaknya menghabiskan anggaran sebesar Rp150 juta dalam membangun instalasi gabion tersebut. Dana itu sudah dimasukkan ke dalam slot APBD DKI 2019.

"Kurang lebih Rp150 juta, (diambil) dari APBD Dinas Kehutanan. Enggak ada seniman yang masang, seniman perancangnya ya Dinas Kehutanan. Yang masang juga dari Dinas Kehutanan sendiri," ujarnya kepada wartawan, Jumat (23/8/2019).

Alasan pihaknya memasang Gaboin di sana agar kawasan itu terkesan lebih natural. Kata dia, kesenian itu memiliki tiga pilar yang mengambarkan tanah, air, dan udara sebagai penyelaras lingkungan.

Pengganti Bambu Getah Getih, Instalasi Batu Gabion Hiasi Bundaran HI

Tumpukan Batu Gabion di Bundaran HI

Suzi menambahkan sejumlah tanaman yang ada di atas tumpukan pilar-pilar batu instalasi tersebut juga merupakan contoh tanaman anti-polutan atau penyerap polusi udara.

"Jadi ornamen dibuat ada unsur batu sebagai penyerap air. Lalu kita berikan di situ tanaman-tanaman contoh tanaman polutan penyerap polusi seperti bougenville, tapak dara, lavender, palem kol, semua kita contohkan di situ," katanya.

Menurut dia, instalasi gabion itu dapat bertahan lebih lama ketimbang getih-getah. Ia memprediksi, tumpukan batu itu akan bertahan selama dua tahun. "Ya kuat lah, kan dari batu gitu. Setahun bisa, dua tahun ya bisa," kata dia.

Baca Juga: Sudah Rapuh, Instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran HI Dibongkar

Ia mengaku tak memusingkan ihwal penilaian masyarakat yang menilai pemasangan itu sebagai suatu pemborosan. Hal itu tergantung dari cara pandang masing-masing individu.

"Segala sesuatu bukan hanya ornamen kota segala hal itu kan ada pro kontra ada yang suka dan tidak. Kan ada yang suka dan tidak suka gitu jadi bagaimana kacamata memandang aja," katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini