nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bekasi dan Depok Dinilai Punya Kesamaan Budaya Jika Gabung ke Jakarta

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 07:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 24 338 2096010 bekasi-dan-depok-dinilai-punya-kesamaan-budaya-jika-gabung-ke-jakarta-JMRBNcn4WG.jpg Ilustrasi Budaya Betawi (foto: Okezone)

JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini mencuat wacana Bekasi dan Depok ‎gabung ke DKI Jakarta. Pimpinan di dua daerah tersebut mengusulkan agar wilayahnya masuk menjadi bagian dari Jakarta.

Lantas, bagaimana menyamakan aspek budaya di Bekasi dan Depok jika ‎bergabung dengan Jakarta?

Baca Juga: Untung-Rugi jika Bekasi Masuk Provinsi DKI Jakarta 

Wali Kota Depok M Idris dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (foto: Wahyu M/Okezone)

Budayawan Betawi, Yahya Andi Saputra, mengatakan sebenarnya budaya Bekasi dan Depok tidak jauh berbeda dengan Jakarta. Ia mengungkapkan, Depok, Bekasi, bahkan Tangerang dan Bogor masuk ke wilayah budaya Melayu Betawi.

"Jabodetabek itu yang dimaksud wilayah budaya, bukan wilayah administratif. Kalau administratif kan jelas batas-batas administrasinya. Oleh sebab itu, Jabodetabek jelas sama budaya atau kulturnya, kultur Melayu Betawi," kata Yahya saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (24/8/2019).

Yahya sepakat jika Depok, Bekasi, bahkan Tangerang dan Karawang masuk ke Provinsi DKI Jakarta. Keempat daerah tersebut, jelas dia, memiliki kultur kesamaan budaya dengan Jakarta.

"Bekasi, Depok, Tangerang, bahkan Karawang bagian barat seharusnya masuk Provinsi DKI Jakarta. Kenapa? Karena kesamaan budaya," tuturnya.

Baca Juga: Sejarawan: Bahasa dan Kultur Depok Itu Betawi

Gedung Wali Kota Bekasi (foto: Okezone)

(fid)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini