nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isu Sosial di Daerah Bergejolak, Anies Klaim Jakarta Aman dan Nyaman

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 13:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 24 338 2096106 isu-sosial-di-daerah-bergejolak-anies-klaim-jakarta-aman-dan-nyaman-HI6ltw1BWm.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan kondusivitas keamanan Ibu kota tetap terjaga meski saat ini di beberapa daerah sedang bergejolak isu-isu sosial.

Salah satunya isu dugaan rasisme yang menyerang mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang. Kemudian berbuntut panjang kerusuhan di Papua Barat.

"Kita bersyukur, alhamdulillah suasana di Jakarta aman, tertib," ujar Anies saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Baca juga: Buka Pergelaran Budaya Etnik, Anies: Persatuan di Jakarta Sangat Kuat 

Dia mengatakan, Jakarta adalah tempat berkumpulnya berbagai suku dan etnis budaya. Namun dikarenakan masyarakat Betawi yang menjadi tuan rumah di Ibu Kota dengan tangan terbuka menerima masyarakat luar daerah, sehingga kondisi tetap nyaman.

Ilustrasi DKI Jakarta. (foto: Arif Julianto/Okezone)

"Saya berkali-kali sampaikan bahwa proses menjadi Indonesia itu dilakukan oleh seluruh unsur yang ada di Indoneaia. Di Jakarta menjadi simbol utamanya," papar Anies.

"Masyarakat Betawi yang sudah puluhan tahun menjadi tuan rumah memfasilitasi sehingga suasana di sini adalah suasana yang nyaman, dan salah satu sifat karakter dari masyarakat yang memungkinkan itu kesetaraan," ungkap Anies.

Baca juga: Ditinggal Sandi, Anies Berpotensi Kantongi Tunjangan Puluhan Miliar 

Ia pun berharap keharmonisan warga yang mendiami DKI Jakarta tetap terus dirawat dan dijaga ke depannya agar masyarakat tetap nyaman hidup berdampingan dalam perbedaaan.

"Mudah-mudahan ini bisa dijaga terus. Kemarin pertemuan di Polda (Metro Jaya), hal yang sama suasana di Jakarta alhamdulillah suasananya baik, kita terus jaga sama-sama," tutupnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini