nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jenazah Korban Tenggelam Digendong hingga Rumah Duka, Ini Kata Dinkes Tangerang

Isty Maulidya, Jurnalis · Minggu 25 Agustus 2019 04:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 25 338 2096256 jenazah-korban-tenggelam-digendong-hingga-rumah-duka-ini-kata-dinkes-tangerang-mtcl9bZ3YL.jpg Ilustrasi Ambulans (foto: Okezone)

TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang berikan tanggapan terkait penolakan pelayanan jenazah oleh Puskesmas Cikokol Tangerang. Petugas puskesmas menyatakan bahwa hal tersebut sudah menjadi standar prosedur dari Dinkes Kota Tangerang dalam pelayanan puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Liza Puspadewi menyatakan permohonan maaf kepada keluarga korban atas kesalahpahaman yang terjadi hingga terjadi polemik.

Baca Juga: Ditolak Ambulans, Jenazah Korban Tenggelam di Tangerang Digendong hingga Rumah Duka 

Jenazah Korban Tenggelam Digendong hingga Rumah Duka karena Ditolak Ambulans di Puskesmas Cikokol, Tangerang (foto: Youtube/Tangerang Keren)

"Mewakili Pemkot Tangerang, saya mohon maaf kepada keluarga korban yang tenggelam," ucap Liza melalui sambungan telepon, Sabtu (24/8/2019).

Liza menjelaskan, ambulans hanya dipergunakan bagi pasien dalam kondisi gawat darurat yang memerlukan tindakan segera. Hal tersebut dilakukan agar kondisi alat medis dalam ambulans tetap steril. Jika digunakan untuk mengangkut jenazah dikhawatirkan akan berdampak negatif bagi pasien lain.

"Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut. Ditambah di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril," jelas Liza

Kadinkes juga menghimbau agar masyarakat dapat memilah fasilitas yang telah dimiliki oleh pemkot sesuai dengan kebutuhannya. Terkait penggunanaan layanan mobil jenazah, pemerintah Kota Tangerang sudah mempunyai pelayanan mobil jenazah gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Baca Juga: Bayi yang Peluk Jasad Ayahnya yang Sudah 3 Hari Meninggal Akan Dirawat Budenya 

Jenazah Korban Tenggelam Digendong hingga Rumah Duka karena Ditolak Ambulans di Puskesmas Cikokol, Tangerang (foto: Youtube/Tangerang Keren)

Layanan tersebut bisa diakses lewat aplikasi Tangerang Live ataupun panggilan di nomor 112. "Selain ambulans, Pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112," kata dia menegaskan.

Sebelumnya diberitakan petugas Puskesmas Cikokol Tangerang enggan mengantar jenazah korban tenggelam di Sungai Cisadane ke rumah duka. Atas penolakan tersebut, paman korban (dalam berita sebelumnya ayah korban) terpaksa menggendong jenazah keponakannya dan berjalan kaki menuju rumah duka.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini