nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Anies Bakal Sulap Gedung Pemerintahan Jadi RTH

Fadel Prayoga, Okezone · Selasa 27 Agustus 2019 13:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 27 338 2097186 ibu-kota-negara-pindah-ke-kaltim-anies-bakal-sulap-gedung-pemerintahan-jadi-rth-xpJb4hAjuA.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan enggan ambil pusing tentang rencana pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur. Sebab, ia melihat perpindahan ibu kota negara memiliki dampak positif bagi Pemprov DKI.

Salah satu efek positifnya, kata dia, yaitu memberi kesempatan kepada pihaknya untuk memanfaatkan keberadaan gedung kosong milik pemerintah untuk disulap menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Nantinya, akan ada taman-taman yang berlokasi di tengah kota.

"Mudah-mudahan lahan-lahan yang tidak dipakai nantinya bisa dipakai untuk RTH taman-taman di pusat kota," kata Anies di Kantor Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Anies menyebut, selain untuk RTH, gedung kosong itu akan disewakan kepada swasta menjadi kantor. Sehingga, roda perekonomian pun tetap akan menggeliat di kawasan Jakarta.

Ilustrasi Lokasi Ibu Kota Baru

"Kalau jadi kantor artinya ada kegiatan konstruksi. Kalau ada kegiatan konstruksi, artinya ada pergerakan ekonomi," kata dia.

Mantan Mendikbud itu menambahkan, Jakarta diarahkan oleh pemerintah pusat menjadi sentral kawasan perdagangan internasional.

"Dan, Jakarta diarahkan menjadi pintu gerbang Indonesia untuk kegiatan bisnis global, jadi pusatnya ke sini," ucap Anies.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini