nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 3 Kandidat Ketua DPRD DKI Jakarta dari PDIP

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 20:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 27 338 2097382 ini-3-kandidat-ketua-dprd-dki-jakarta-dari-pdip-4Jhc9cfWXc.jpg DPRD DKI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terpilih sebagai partai politik pemenang di Pileg 2019 DKI Jakarta dengan mendapatkan 25 kursi. Partai berlambang kepala banteng moncong putih itu pun berhak menempatkan satu orang kader menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP, Pantas Nainggolan mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), jatah ketua DPRD merupakan milik partainya. Pihaknya memastikan ada tiga nama yang disiapkan untuk diserahkan ke DPP PDIP sebagai kandidat ketua DPRD.

"Ketiganya adalah Prasetio Edi Marsudi, Gembong Warsono dan Ida Mahmudah," kata Pantas di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Baca Juga: Penyusunan Alat Kelengkapan DPRD DKI Ditargetkan Selesai 4 Minggu 

Ketua Umum PDIP Megawati

Pantas menuturkan, keputusan penentuan nama kader yang akan dijadikan sebagai orang nomor satu di DPRD DKI diputuskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, ia tak menjelaskan ihwal kapan nama itu akan diumumkan.

"Kita serahkan saja karena itu kewenangan dewan pimpinan pusat, itu sudah aturan main. Di kita, apa pun putusan oleh dewan pimpinan pusat semuanya wajib tunduk dan taat," ujarnya.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Negeri DKI Jakarta melantik anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Total ada 106 anggota dewan terpilih yang disahkan. Acara dilangsungkan di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta Jalan Kebon Sirih Raya Nomot 18 , Gambir, Jakarta Pusat.

Pengangkatan anggota DPRD dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 161.31_3766 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD.

Baca Juga: Kader PDIP dan Gerindra Jadi Pimpinan Sementara DPRD DKI 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini