nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Pencuri Modus Uang Jatuh di Mal Depok Dibekuk Polisi

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Selasa 27 Agustus 2019 23:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 27 338 2097430 2-pencuri-modus-uang-jatuh-di-mal-depok-dibekuk-polisi-ivQDMjsY7I.jpg Polresta Depok menangkap dua pencuri modus uang jatuh

DEPOK - Polresta Depok menangkap dua dari komplotan pencurian dengan modus berpura-pura menjatuhkan uang di salah satu restoran cepat saji Mal Depok. Aksi kawanan penjahat itu sempat terekam kamera pengawas (CCTV) dan menjadi viral setelah diunggah akun @chelleanjelica, pada 2 Agustus 2019 lalu.

Kapolresta Depok AKBP Azis Andriyansyah mengatakan, dua tersangka tersebut yakni M Gani (29) dan Marwan (53). Keduanya ditangkap di tempat terpisah setelah melarikan diri usai melakukan aksinya. Sementara M Gani (29) dibekuk di rumahnya di Jalan Sri Taloh RT 003/04 Kelurahan Diri Agung Palembang pada Jumat 23 Agustus 2019 kemarin dan Marwan di Subang, Jawa Barat.

"Benar, kami sudah menangkap satu pelaku pencurian HP dengan modus jatuhkan uang di sebuah mal di Depok, Jawa Barat," kata Azis di Polresta Depok, Selasa (27/8/2019).

Baca Juga: 2 Wanita Muda Ini Nekat Mencuri Motor di Parkiran

Dia menjelaskan, dari hasil penyidikan Satreskrim Polresta Depok, dua tersangka yang dibekuk memiliki peran yang berbeda-beda. Disebutkan Azis, bahwa M Gani sebagai penyedia kendaraan sekaligus sopir sedangkan Marwan pengalih perhatian korban.

"Komplotan ini punya peran yang berbeda sebelum melakukan aksinya mereka berkumpul dan membagi tugas. Setelahnya baru mereka beraksi dan menentukan calon korbanya," tuturnya.

Ilustrasi

Azis menambahkan, tertangkapnya komplotan pencurian dengan modus uang jatuh ini, polisi telah mengantongi identitas pelaku lainnya. Dia mengimbau agar pelaku segera menyerahkan diri sebelum petugas melakukan penangkapan.

"Pelaku seluruhnya ada lima orang, dua cewek, tiga laki-laki yang baru ketangkep baru dua laki-laki yang lanya jadi DPO. Identitas sudah kami dapatkan," imbuhnya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Sebelumnya, kejadian ini bermula ketika ibu @chelleanjelica pergi untuk mencuci tangan, dan meninggalkan ponsel miliknya di meja tempat mereka makan. Mengetahui hal tersebut, salah satu pencuri langsung berpura-pura menjatuhkan uang ke bawah tempat duduk @chelleanjelica, sambil memberitahu korban bahwa uang miliknya terjatuh sebagai bentuk pengalihan.

Baca Juga: Patung Eyang Bancolono di Tawangmangu Dicuri Satpam

Ketika fokus untuk mengambil uang di bawah, pencuri lain pun kemudian bergerak mendatangi meja korban, dan dengan cepat mengambil ponsel milik ibu @chelleanjelica di atas meja.

"Lokasi kejadian di mall, nyokap lagi cuci tangan tbtb gue dicolek blg 'uang nya jatoh' ternyata itu uang yg dia taro sengaja buat ngalihin perhatian dan pelaku lainnya ngambil hp nyokap," tulis @chelleanjelica sambil membagikan foto dan plat nomor mobil yang digunakan oleh pelaku.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini