nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmikan Rumah DP 0 Rupiah, Anies: Bereskan Ketimpangan di Jakarta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 31 Agustus 2019 14:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 31 338 2098985 resmikan-rumah-dp-0-rupiah-anies-bereskan-ketimpangan-di-jakarta-9pXvvfW9MT.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Towes Samawa, Hunian Pertama Program Samawa Rumah DP Rp0 Persen di Hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Sabtu (31/8/2019).(foto: Okezone.com/Fadel Prayoga))

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tower Samawa yang menjadi rumah hunian pertama Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah, Sabtu (31/8/2019) di lokasi hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Anies menyebut dengan tersedianya hunian itu akan dapat menyelesaikan permasalahan ketimpangan yang ada di Ibu Kota.

"Jadi program ini bukan sekadar menyediakan rumah hari ini. Bukan hanya sekadar memberikan akses pembiayaan hari ini. Program ini adalah dalam jangka panjang, membereskan ketimpangan yang ada di DKI Jakarta ini," kata Anies di lokasi.

Baca Juga: Anies Sebut Rumah DP 0 Rupiah Bukan untuk Warga Berpenghasilan di Bawah UMP 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Tower Samawa, Hunian Pertama Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah di Hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur (foto: Okezone.com/Fadel Prayoga)

Dalam kegiatan itu juga dilakukan serah terima kunci secara simbolis kepada 50 calon penghuni yang akan memasuki hunian gelombang pertama. Proses serah terima kunci tersebut menggunakan aplikasi khusus dalam rangka untuk memudahkan penghuni.

“Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri. Hari ini kita menyaksikan sebuah menara yang nantinya akan dihuni oleh masyarakat yang mereka terlibat dalam program Rumah DP nol rupiah,” ujarnya.

Anies menjelaskan, aplikasi itu berisi kelengkapan yang harus diterima penghuni dari pengembang. Dengan adanya aplikasi yang beroperasi melalui gawai ini, para penghuni nantinya dapat dengan mudah melaporka jika ternyata kerusakan dari unit yang diterima, yaitu cukup difoto lalu dikirim menggunakan aplikasi ini.

“Memang betul ini Solusi Perumahan Warga. Tapi nama itu pun membawa pesan bahwa yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang sudah menikah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto, menambahkan program ini adalah upaya pihaknya untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah, melalui fasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 Rupiah.

“Developer dan Lembaga pembiayaan diharapkan ikut serta dalam program ini, silahkan bangun unitnya dan kolaborasikan dengan Pemprov DKI," ujar Kelik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Tower Samawa, Hunian Pertama Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah di Hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur (foto: Okezone.com/Fadel Prayoga) 

Seperti diketahui, hunian DP 0 Rupiah di Nuansa Pondok Kelapa dibangun di atas luas lahan 5.686 m2, dengan total 21 lantai, terdiri dari 780 unit yang dibagi menjadi 3 tipe, yaitu pertama tipe studio berjumlah 240 unit, dengan kisaran harga setiap unit Rp184.800.000 – Rp195.800.000; kedua tipe 1 kamar berjumlah 180 unit, dengan kisaran harga per unit Rp210.760.000 – Rp213.400.000; dan ketiga tipe 2 kamar berjumlah 360 unit, dengan kisaran harga tiap unit Rp304.920.000 – Rp310.640.000.

Adapun fasilitas yang terdapat di hunian ini di antaranya, Balai Warga, PAUD, Taman Bermain Anak, Musala, dan bus Transjakarta. Selain itu, hunian juga dekat dari pasar dan sekolah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini