Lewati Batas Waktu, 300 Pencari Suaka Masih Bertahan di Kalideres

Sarah Hutagaol, Okezone · Senin 02 September 2019 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 02 338 2099514 lewati-batas-waktu-300-pencari-suaka-masih-bertahan-di-kalideres-d1NwUm4ChH.jpg Pencari suaka di tempat pengungsian Kalideres, Jakarta Barat. (Foto : Dok Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Taufan Bakri, menjelaskan hingga saat ini masih terdapat 300 pencari suaka yang berada di tempat pengungsian di Kalideres, Jakarta Barat, Senin (2/9/2019).

Menurut data pihak penanggung jawab para pencari suaka, United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sudah memindahkan sekitar kurang lebih 500 orang.

Namun, Taufan Bakri mengungkapkan, hingga ini masih ada lagi para pencari suaka yang berdatangan ke pengungsian sementara tersebut, salah satunya datang dari Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

"Data terakhir, kurang lebih 500-an (pencari suaka-red) yang dipindahkan. Yang belum sekitar 300-an. Karena ada suaka yang datang lagi nih, kemarin siang saya ke Kalideres, ada yang baru datang dari Cisarua," ujar Taufan, Senin (2/9/2019).

Padahal Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memberikan batas waktu kepada kepada para pencari suaka untuk meninggalkan tempat pengungsian.

"Batas waktu ini mau enggak mau akhirnya menjadi fleksibel. Tapi, hari ini akan ada tindakan yang tegaslah, besok akan rapat bersama UNHCR," ucapnya.

Sementara itu, Pemprov DKI telah memberhentikan bantuan makanan kepada para pencari suaka. Oleh sebab itu, kini UNHCR yang bertanggung jawab untuk memberikan sebanyak 700 boks makan siang dan malam kepada para pencari suaka.

Melihat Lebih Dekat Aktivitas para Pencari Suaka di Gedung Bekas Kodim Kalideres

Baca Juga : Pencari Suaka di Penampungan Kalideres Desak UNHCR Percepat Proses Kepindahan

"Makanan ditanggung UNHCR. Kemarin siang saat saya ke sana ada 700 boks makan siang dan 700 boks untuk makan malam dari UNHCR. Dari pemprov benar-benar sudah menghentikan bantuan makanan. Kita memang sudah tidak punya kapasitas membantu lagi setelah batas waktu yang ditentukan kemarin," tutur Taufan.


Baca Juga : Ratusan Pengungsi Suaka Berobat ke Puskesmas Kalideres

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini