nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

300 Pencari Suaka Masih Bertahan di Kalideres, Anies: Sedang Dicari Lokasi Baru

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 12:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 03 338 2100033 300-pencari-suaka-masih-bertahan-di-kalideres-anies-sedang-dicari-lokasi-baru-RPK6tYFVvm.jpg Para pencari suaka tidur di sepanjang trotoar Jalan Kebon Sirih. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - Kurang lebih 300 pencari suaka hingga kini masih menempati gedung bekas Kodim di Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat. Padahal Pemrov DKI telah memberikan batas waktu hingga 31 Agustus 2019.

Merespons itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menentukan lokasi baru bagi pencari suaka tersebut.

"Tadi pagi saya koordinasi dengan pemerintah pusat, mereka juga sedang mencari tempat baru, kita tunggu," kata Anies di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Sebagai pemerintah daerah, pihaknya hanya sebatas memberikan bantuan kemanusiaan seperti memberikan makanan dan lainnya. Namun untuk lokasi pemindahan ditentukan oleh pemerintah pusat.

"Kalau solusi terhadap mereka sendiri itu di luar kewenangan kita, justru kita nanti melampaui. Tapi yang kita kerjakan adalah aspek kemanusiaannya, kebutuhan-kebutuhan dasar terpenuhi, seperti makan, minum, MCK, itu bisa kita support. Tapi pengaturannya, kita tak memiliki kewenangan," ujar Anies.

Foto: Fadel Prayoga/Okezone

Terkait kemungkinan penggunaan aset pemerintah daerah untuk pencari suaka itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan menunggu arahan pusat.

"(bisa saja kemungkinan) Tapi harus nunggu dari pusat dulu, bagaimana arahnya," ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Taufan Bakri mengungkapkan, berdasarkan data penanggung jawab para pencari suaka, United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), sebanyak 500 pencari suaka telah dipindahkan.

Namun kata dia, masih ada para pencari suaka yang berdatangan ke pengungsian, salah satunya datang dari Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

"Data terakhir, kurang lebih 500-an (pencari suaka-red) yang dipindahkan. Yang belum sekitar 300-an. Karena ada suaka yang datang lagi nih, kemarin siang saya ke Kalideres, ada yang baru datang dari Cisarua," ujar Taufan, Senin 2 September 2019.

Pemprov DKI sendiri juga telah memberhentikan bantuan makanan kepada para pencari suaka tersebut sejak 1 September 2019. Saat ini untuk kebutuhan makanan ditanggung oleh UNHCR.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini