nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Akan Bagi Trotoar untuk PKL dan Pejalan Kaki

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 12:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 04 338 2100500 anies-akan-bagi-trotoar-untuk-pkl-dan-pejalan-kaki-nXflh3l5ca.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan kalau Pedagang Kaki Lima (PKL) nantinya akan mendapatkan tempat pada trotoar-trotoar yang pada saat ini sedang direvitalisasi.

Namun, Anies mengatakan ruas trotoar tersebut nantinya akan diatur mana yang bisa dipakai untuk pejalan kaki, dan mana yang akan dipakai berjualan oleh PKL. Hal itu pun akan diperhitungkan dengan matang.

"Memang trotoar itu harus dibagi nantinya, mana yang dipakai untuk pejalan kaki, mana yang bisa untuk berjualan. Dan ini yang sekarang kita akan buat di kawasan mana pembagiannya seperti apa. Ada aturanya itu," ucap Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019).

Baca Juga: Revitalisasi Trotoar, Anies Harap Warga Jakarta Gunakan Transportasi Umum

Lebih lanjut, Anies menyebutkan pihaknya sedang memetakan trotoar di kawasan mana yang nantinya digunakan untuk memberdayakan para PKL tersebut. Namun, saat ini ia belum ingin membeberakan lokasi-lokasi trotoar mana saja yang bakal diberikan kepada PKL.

"Sekarang sedang dikerjakan jadi wilayah mana dipakai bwrdagang berpa besar dipakai untuk pejalan kaki berapa besar," ungkapnya.

Mengenai rencana itu, mantan Menteri Pendidikan dan Budaya ini mengklaim ada banyak aturan yang memperbolehkan PKL untuk berjualan di trotor.

Salah satunya adalah Peraturan Menteri PUPR Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

"Kemudian, atas dasar itu, ini dasarnya adalah Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007. Kesimpulannya, PKL diperbolehkan berada di trotoar selama mengikuti pengaturan Permen PUPR. Nah, ini yang kemudian menjadi rujukan bagi kita," papar Anies.

Gubernur DKI, Anies Baswedan

Tak hanya itu, Anies juga mengatakan pemberdayaan PKL di atas trotoar juga di atur dalam wadah hukum yang lain, seperti Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM, Pasal 7 Ayat 1.

Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2012, Permendagri Nomor 41 Tahun 2012, kemudian ada juga Peraturan Gubernur Nomor 10 Tahun 2015 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL.

"Banyak dasar hukumnya" pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini