Anies Minta PT Pelindo Bersihkan Sendiri Sampah di Kampung Bengek

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 04 September 2019 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 338 2100547 anies-minta-pt-pelindo-bersihkan-sendiri-sampah-di-kampung-bengek-iHNTweElw2.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (foto: Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Kondisi Kampung Bengek di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara menjadi sorotan lantaran beberapa hari ini lantaran di lokasi tersebut dikepung tumpukan sampah yang berserakan.

Mengenai hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku pada hari Senin, 2 September 2019 kemarin pihaknya melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup dilarang membersihkan sampah-sampah tersebut.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Budaya tersebut, jajarannya dihadang oleh pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sebagai perusahaan yang berdiri di atas lahan itu disaat ingin membersihkan hamparan sampah di Kampung Bengek.

"Pelindo mengahalangi petugas kita masuk. Petugas kita bisa masuk Sabtu-Minggu kemarin membersikan. Tapi hari Senin mereka mau masuk kemaren enggak boleh lagi," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019).

 sampah

Lebih lanjut, Anies menjelaskan, saat ini pihaknya tersebut tengah melakukan komunikasi dengan PT Pelindo agar menemukan solusi dalam pembersihan sampah itu.

"Jadi kita akan minta kepada mereka untuk bersihkan itu dan nanti kita akan bicara lansung supaya tempat itu dibersihkan. Jadi kita coba cek kita akan paksa," paparnya.

Pasalnya menurut Anies Baswedan, jika pihak PT Pelindo tak kunjung membersihkan tumpukan sampah tersebut di Kampung Bengek, maka Pemprov DKI akan mengambil alih untuk menyelesaikan masalah itu.

"Gini, kita itu mau ambil tanggungjawab kalau anda enggak bisa bersihkan, kami bersihkan. Kalau anda bisa bersihkan, kami akan periksa saja sudah bersih belum. Tapi kalau belum kita bersihkan gitu, kan baik kita," tutup Anies.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini