nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Rekonstruksi Aulia Kesuma Bunuh Suami dan Anaknya

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 14:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 06 338 2101461 fakta-rekonstruksi-aulia-kesuma-bunuh-suami-dan-anaknya-Zucs0C1UIC.jpg Aulia peragakan adegan pembunuhan terhadap suami dan anaknya, dalam rekonstruksi kemarin. (Foto : Dok Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Aulia Kesuma, otak pembunuhan berencana terhadap suaminya, Edi Candra Purnama, dan anaknya, M Adi Pradana, telah menjalani rekonstruksi perkara di sejumlah lokasi di Jakarta pada Kamis, 5 September 2019.

Selain Aulia, polisi menghadirkan dua tersangka lain yang merupakan eksekutor pembunuhan, yaitu Kusmawanto Agus dan Muhammad Nur Sahid dalam reka ulang adegan pembunuhan tersebut.

Total ada 58 adegan yang diperagakan masing-masing tersangka, mulai dari menyusun rencana hingga eksekusi pembunuhan. Berikut sejumlah fakta yang terungkap dalam rekonstruksi tersebut:

1. Ke Apotek Beli Obat Tidur

Aulia Kesuma memulai aksinya dengan membeli obat tidur sebanyak 30 butir, sarung tangan, dan alkohol di sebuah Apotek Century di Apartemen Kalibata City sekira pukul 08.00 WIB pada 23 Agustus 2019.

Rekonstruksi Aulia Kesuma bunuh suami dan anak tirinya. (Foto : Dok Okezone.com/M Rizky)

Hal itu terlihat dalam rekonstruksi adegan ke-7 di mana nantinya obat tersebut akan dicampur ke dalam jus untuk suaminya Edi Candra Purnama alias Pupung Sadili agar tidak sadarkan diri untuk kemudian dieksekusi.

Rekonstruksi Aulia Kesuma bunuh suami dan anak tirinya. (Foto : Dok Okezone.com/M Rizky)

Usai membeli obat di Apotek Century, di waktu yang sama Aulia bertemu empat orang eksekutor pembunuhan yaitu Sugeng, Agus, Rodi, dan Alpat di Hotel Oyo di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Di sana mereka merencanakan bagaimana teknis pembunuhan akan dilakukan.

Aulia juga sempat membeli sebuah kaus kaki di Indomaret. Ia juga membeli obat nyamuk di sebuah toko kelontong di kawasan Kalibata sebelum kembali ke apartemen untuk eksekusi.

2. Rencana di Parkiran Kalibata City

Usai melakukan pertemuan di Hotel Oyo dan membeli sejumlah perlengkapan, Aulia bersama eksekutor Agus, Rodi, dan Sugeng kembali ke Apartemen Kalibata City dan bertemu Kelvin. Kelvin merupakan anak kandung Aulia sebelum menikah dengan Edi. Sekembalinya ke apartemen untuk menyatukan ide pembunuhan dengan menggunakan obat tidur.

Rekonstruksi Aulia Kesuma bunuh suami dan anak tirinya. (Foto : Dok Okezone.com/M Rizky)

Sebelum itu dilakukan, Aulia sempat membeli handuk berwarna kuning di Alfa Express di kawasan Apartemen Kalibata City untuk membekap korban. Sementara tersangka lainnya menunggu di dalam mobil persis di depan toko tersebut. Di sana tersangka Agus sudah meminta uang operasional kepada Aulia sebesar Rp5 juta.

Setelah itu, Aulia mengambil jus dan minuman keras di apartemen milik Kelvin yang akan diberikan kepada Edi dan putranya Dana.

3. Detik-Detik Eksekusi di Kediaman Edi

Masih di tanggal 23 Agustus 2019 sekira pukul 19.30 WIB, Aulia bersama Agus dan Sugeng mengantarkan Rodi dan Alpat kembali ke Hotel Oyo di Pasar Minggu. Setelah itu ketiganya dalam satu kendaraan menuju rumah Edi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Setelah tiba kediaman Edi, Aulia masuk melalui pintu utama rumah, sementara eksekutornya Agus dan Sugeng masuk melalui pintu garasi mobil langsung menuju lantai 2 rumah.

Aulia kemudian menumbuk 30 butir obat tidur yang sebelumnya dibeli di Apotek Century Kalibata City menggunakan plastik dan batu ulekan di dapur. Setelah itu, obat tidur dicampur ke jus untuk diberikan kepada Edi dan Dana.

4. Hubungan Badan Sebelum Eksekusi

Sekira pukul 19.50 WIB, Aulia mulai melakukan aksinya dengan memberikan jus yang sudah dicampur itu kepada Edi. Saat diminum suaminya itu sempat bertanya mengapa jus yang diminum terasa pahit. Aulia berkelit minuman itu dicampur dengan sayuran pare.

Setelah itu Aulia dan Edi sempat melakukan hubungan suami istri yang diawali dengan menonton adegan panas. Tak beberapa lama kemudian anak Aulia, Kelvin tiba di kediamannya. Ia langsung meminta Kelvin menuju lantai 2 bertemu dua eksekutornya.

Rekonstruksi Aulia Kesuma bunuh suami dan anak tirinya. (Foto : Dok Okezone.com/M Rizky)

Namun, kedua eksekutor tersebut sempat berubah pikiran dan menolak untuk melakukan pembunuhan. Kendati begitu, keduanya tetap melanjutkan aksinya lantaran ditawari uang Rp 500 juta.

Pada pukul 23.00 WIB anak Edi, Dana pulang ke rumahnya menggunakan sepeda motor. Ia langsung masuk kerumah dan membuka kulkas meminum jus yang sudah disediakan Aulia. Namun jus tersebut hanya diminum sedikit hingga Aulia pun mengambil minuman keras di mobil Kelvin yang juga sudah disiapkan sebelumnya.

Minuman tersebut kemudian diberikan kepada Dana dan Kelvin, namun Aulia hanya mencampur obat tidur terhadap minuman Dana.

Rekonstruksi Aulia Kesuma bunuh suami dan anak tirinya. (Foto : Dok Okezone.com/M Rizky)

5. Eksekusi

Pukul 23.20 WIB Aulia menuju lantai 2 rumahnya menuju kamar pembantu dengan membawa handuk. Di sana, ia bertemu Agus dan Sugeng untuk memulai eksekusi terhadap Edi.

Sang eksekutor kemudian melancarkan aksinya dengan membasahi handuk yang diberikan Aulia menggunakan alkohol dan membekap Edi hingga meninggal dunia. Hal serupa juga dilakukan kepada Dana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini