nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Bogor Wacanakan Pembuatan Trem untuk Penunjang LRT

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 20:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 06 338 2101645 kota-bogor-wacanakan-pembuatan-trem-untuk-penunjang-lrt-ROGEbV5lcK.jpg Ilustrasi

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor bekerjasama dengan perusahaan trasportasi asal Prancis 'Colas Rail' melakukan kajian untuk pengadaan Trem di wilayah Kota Bogor. Trem tersebut akan menjadi transportasi penunjang untuk Lintasan Rel Terpadu (LRT) yang rencananya akan masuk ke wilayah Kota Bogor.

"Ini untuk menunjang rencana LRT nanti, ribuan orang akan masuk ke Terminal Baranangsiang. Kalau semua naik mobil pribadi atau motor akan stuk," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, kepada wartawan, di Balai Kota Bogor, Jumat (6/9/2019).

Bima menambahkan, pengadaan Trem ini tidak akan merubah konsep tata wilayah Kota Bogor sebagai kota heritage. Adapun Trem ini merupakan hibah dari Belanda yang rencananya berjumlah 24 unit.

"Trem ini belum ada di Asia Tenggara. Nanti operasionalnya di jalan tapi harus di Sesuaikan dengan kapasitas jalan, landscape dan kontur tanah. Makanya di buat studi kelayakan, yang pasti tidak boleh keluar dari konsep heritage. Mereka juga sudah berpengalaman tidak merusak yang sudah ada. Heritage city tidak boleh hilang," jelasnya.

Bima Arya

Kajian tersebut akan dilakukan selama 9 bulan ke depan. Hasil kajian akan menentukan langkah ke depan bagi Pemkot Bogor dan pihak terkait lainnya

"Kajian ini nanti hasilnya menentukan langkah-langkah pembangunan trem terkait jalur kelayakan jalan, kapasitas jalan daya angkut lebar rel, panjang rel, pembiayaan dibutuhkan dan lain-lain. Rencanya akan dikaji selama 9 bulan," papar Bima.

Sementara itu, Manager Director Asia-Pasific Colas Rail Jerome Bellemin mengatakan ada banyak aspek-aspek kajian ilmiah yang akan dilakukan pihanya untuk pengadaan Trem di wilayah Kota Bogor.

"Banyak aspek dari prioritas pemerintah kota, masyarakat juga kami lihat juga salah satu kekuatan dari pada jalan yang ada. Banyak aspek lain yang tidak bisa kita bicarakan satu satu," ujar Jerome.

Ia pun menilai, rencana pengadaan Trem tersebut sangat bagus karena bisa menjadi solusi transportasi yang efisien untuk wilayah Kota Bogor.

"Membangun trem akan menjadi pembangunan trem pertama di Indonesia. Bagi kami ini yang pertama untuk projek trem di Indonesia, tapi bukan yang pertama untuk proyek transportasi perkeretaapian di Indonesia karena kami juga sudah terlibat dalam pembangunan LRT di Jabodetabek," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini