nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI: Hanya 30% Warga Jabodetabek Kenal Kepulauan Seribu

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 22:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 06 338 2101682 pemprov-dki-hanya-30-warga-jabodetabek-kenal-kepulauan-seribu-7phV8P5FPa.jpg

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Administrasi (Sudin Parbud) Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengungkapkan bahwa jarang orang Jabodetabek kenal dan paham apa dan di mana Kepulauan Seribu.

Menurut Cucu, dari sekira 30 juta penduduk Jabodetabek, hanya ada sekira 30% yang mengetahui secara detail, apa dan di mana lokasi Kepulauan Seribu. Padahal, jaraknya dengan Jakarta bisa dibilang dekat.

“Mereka mungkin pernah mendengar tentang Kepulauan Seribu, namun tidak tahu di sana ada atraksi apa saja. Padahal secara geografis letaknya lebih dekat dengan Jabodetabek dibandingkan Bali dan Lombok. Terlebih di tengah mahalnya harga tiket domestik, berkunjung ke Kepulauan Seribu tentu jatuhnya akan lebih murah,” ungkap Cucu Ahmad Kurnia.

Melihat hal tersebut, Sudin Parbud Kepulauan Seribu berinisiatif menggelar sejumlah pameran bertajuk “Ayoo Seru-Seruan ke Pulau Seribu” di mal-mal yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung.

Ilustrasi

Diawali di Living World Alam Sutera pada 28 Agustus - 1 September 2019, selanjutnya pameran akan berpindah ke Mal Kelapa Gading pada 4 September - 8 September 2019, kemudian ke Kota Kasablanka pada 11 September - 15 September 2019.

Ilustrasi

Warga Bandung dapat menghadiri pameran ini di Festival Citylink Bandung pada 26 September - 29 September 2019, sebelum kemudian giliran warga Bekasi untuk dapat mengunjunginya di Sumarecon Mall Bekasi pada 24 Oktober - 27 Oktober 2019.

Di rangkaian pameran “Ayoo Seru Seruan ke Pulau Seribu”, pengunjung juga akan mendapatkan gambaran bahwa akomodasi yang tersedia di Kepulauan Seribu sangatlah beragam, baik dalam segi konsep maupun harga.

Akomodasi tersebut terbagi menjadi dua, yaitu berupa homestay di pemukiman penduduk yang di kelola warga dan berupa pulau resor yang dikelola perusahaan swasta. Pemukiman warga yang menawarkan homestay tersedia di Pulau Pramuka, Pari, Tidung, dan Harapan.

Terdapat sekitar tujuh resor yang tersebar di Pulau Bidadari, Ayer, Pelangi, Sepa, Pantara, Macan, dan Putri. Dengan begitu, pengunjung dapat leluasa memilih tipe akomodasi yang sesuai dengan bujet, sehingga minat untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu pun semakin besar.

Walau dinamakan Kepulauan Seribu, namun gugusan kepulauan di utara Jakarta ini hanya berjumlah sekitar 110 pulau. Di kawasan ini juga terdapat Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu dengan zona konservasi burung, hutan bakau, penyu, dan hiu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini