nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penipuan Sewa Apartemen di Tangsel Terbongkar, Begini Modusnya

Hambali, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 01:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 07 338 2101728 penipuan-sewa-apartemen-di-tangsel-terbongkar-begini-modusnya-lPYyaNXxoH.jpg Pelaku penipuan sewa apartemen di Tangsel (Foto: Hambali)

TANGSEL - Tiga orang pria, masing-masing berinisial AN (28), FS (30), dan DP (39) kompak menjalani aksi penipuan di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Ketiga pelaku berstatus sebagai penyewa bulanan di kamar apartemen Sky View, Lengkong Gudang Timur, Serpong. Lantas mereka menyewakannya kembali kepada pihak lain selama 6 bulan ke depan, dengan nilai sewa sekira Rp23 juta.

Kapolsek Serpong Kompol Stephanus Luckyto Andri Wicaksono mengungkapkan, ketiga pelaku membagi perannya saat beraksi. Di mana, ada yang mempromosikan, merayu, hingga mengeksekusi korban yang tertarik menyewa.

"Pelaku menyewakan kamar unit apartemen tersebut kepada konsumen selama 6 bulan, dan menyatakan unit itu milik mereka. Jadi, mereka membagi peran masing-masing," katanya kepada wartawan di Mapolsek Serpong, Jumat (6/9/2019).

Baca Juga: Tipu Korban Bisa Ubah Beras Jadi Emas, Dukun Ditangkap 

Salah satu korban akhirnya tertarik, lalu menghubungi kontak pelaku yang tertera pada iklan OLX tentang penyewaan unit apartemen tersebut. Karena pelaku terus meyakini, lantas disepakati perjanjian sewa-pakai itu oleh kedua belah pihak pada 6 Agustus 2019 lalu.

"Namun seiring dengan waktu, ketika jatuh tempo konsumen ini dihubungi oleh pihak lain yang nyatanya adalah pemilik asli dari unit apartemen itu yang menyampaikan, bahwa apartemen bukanlah milik ketiga tersangka," ujarnya.

Polisi beberkan bukti penipuan 

Karena merasa tertipu, korban lantas melapor ke Polsek Serpong. Berdasarkan keterangan dan bukti-bukti yang dilampirkan, selanjutnya petugas melakukan penyelidikan mendalam.

Ketiga pelaku pun berhasil dibekuk, mereka mengakui bahwa penipuan seperti itu telah berlangsung selama satu tahun.

"Jadi, pengakuannya baru satu tahun ini. Perannya itu tersangka AN mengaku sebagai pemilik unit apartemen, tersangka FS ikut meyakinkan korban yang tertarik, lalu tersangka DP ikut merencanakan penipuan itu dan mendapatkan bagian hasil kejahatan," ujar Luckyto.

Baca Juga: Catut Nama Pejabat Polda Jatim, 2 Penipu Ditangkap

Dari pengakuan otak pelaku, AN, aksi penipuan itu dilakukan lantaran mereka terlilit utang. Karena berstatus sebagai pengangguran, mereka lalu mencari cara agar bisa membayar utang dan membiayai kehidupan sehari-hari.

"Uangnya buat bayar utang. Jadi, awalnya saya cuma lihat-lihat mereka yang mau menyewa unit apartemen, terus saya rencanakan aksi sewa ini melalui iklan," ujar AN saat diwawancarai Okezone.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Mereka terancam hukuman penjara maksimal selama 4 tahun kurungan. Beberapa bukti yang turut diamankan adalah, surat perjanjian sewa apartemen dan kuitansi pembayaran apartemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini