nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Pandang Sepeda Jadi Alat Transportasi, Bukan Alat Olahraga

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 08 September 2019 14:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 08 338 2102108 anies-pandang-sepeda-jadi-alat-transportasi-bukan-alat-olahraga-ndqbEqgKCg.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone/Sarah)

JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kerap menggunakan sepeda dalam berbagai aktivitasnya. Termasuk usai meresmikan ruang baca buku di Stasium Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Setelah acara itu, Anies terlihat menaiki sepedanya yang terparkir di trotoar dekat pintu keluar MRT. Ia pun menyebutkan kalau sepeda tersebut bukan alat olahraga, melainkan alat transportasi.

"Kita perlu mendorong lebih banyak lagi orang yang memandang sepeda sebagai alat transportasi, bukan alat olahraga," ujar Anies saat ditemui di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (8/9/2019).

Anies

Baca Juga: Pulang Naik Sepeda, Anies: Saya Pakai Pas Kuliah di Amerika

Oleh sebab itu, Anies Baswedan menilai dalam menggunakan sepeda tidak diwajibkan mengenakan pakaian khusus, namun cukup dengan pakaian apapun, dan juga helm.

"Jadi enggak perlu pakai outfit khusus, enggak perlu pakai sepatu khusus, enggak perlu pakai kacamata khusus. Sepeda itu alat transportasi, cukup ada sepedanya, ada helmnya, jalan," paparnya.

Ia pun mengaku kerap bekerja dengan menggunakan sepeda. Maka, mantan Menteri Pendidikan dan Budaya itu ingin mendorong warganya untuk melihat sepeda sebagai alat transportasi.

"Dan yang terakhir kita ingin banyak yang menggunakan kendaraan bebas emisi. Dengan kota seperti ini," tutup Anies.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini