nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polda Metro Bakal Pasang Kamera Tilang Elektronik di Jalur Transjakarta

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 09 September 2019 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 338 2102672 polda-metro-bakal-pasang-kamera-tilang-elektronik-di-jalur-transjakarta-TQDWCEI75T.jpg (Foto : Ilustrasi/Dok Okezone.com)

JAKARTA – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama PT TransJakarta menandatangani nota kesepahaman terkait pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) di busway.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf mengatakan pemasangan kamera tersebut dimaksudkan agar busway steril dari kendaraan selain Transjakarta.

"Hari ini kita laksanakan MoU dengan PT Transjakarta. Kegiatan ini dimaksud menciptakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas, salah satunya kawasan TransJakarta. Dalam kawasan TransJakarta ini diharapkan steril dari pengendara yang lain, selain TransJakarta," katanya kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Yusuf menuturkan, jika ada pengendara yang nekat melintas di busway, akan secara otomatis terekam oleh kamera.

"Jadi seluruh kendaraan apakah roda dua, roda empat, dan sebagainya nanti yang masuk ke jalur busway terekam sama kamera E-TLE atau petugas yang ada di sana pasti kita laksanakan penindakan," ujarnya.

Namun, dirinya belum bisa membeberkan di titik mana saja e-TLE akan dipasang.

Yusuf menambahkan, adapun kendaraan yang mendapatkan pengecualian masuk ke dalam jalus busway seperti kendaraan pemadam kebakaran dan ambulans.

Sepanjang 2016 Kecelakaan di Jalur Transjakarta Capai 852 Kasus

"Emergency maksudnya seperti kebakaran, ambulans yang gawat ini. Kalau ambulan hanya bawa mayat saja sudah meninggal tidak perlu," tuturnya.

Sementara, Direktur Utama PT TransJakarta, Agung Wicaksono menyambut baik upaya sterilisasi kendaraan selain Transjakarta dan kendaraan darurat di jalur busway.


Baca Juga : Selama 52 Hari, 11.290 Pelanggar Kena Tilang Elektronik

"Ini era transportasi 4.0 adalah bagaimana teknologi digunakan dalam menata trasnsportasi terutama dalam hal ini bagaimana jalur TransJakarta bisa steril. Karena bagi pelanggan TransJakarta, kami dapat banyak masukan yang paling penting adalah jalur itu steril supaya bisa diketahui dengan akurat kapan bus datang dan kapan tiba di tempat," ucapnya.

Agung menuturkan pihaknya tidak akan menyebutkan titik mana saja akan dipasang kamera e-TLE hal ini dimaksudkan untuk menciptakan kesadaran pengemudi.

"Saya tidak mau buka (titik pemasangan E-TLE-red). Karena harus rahasia agar menciptakan kesadaran pengendara bahwa ya betul ada kamera di jalur busway, tapi di jalur mana dan titik mana, tidak kami beri tahu," tuturnya.


Baca Juga : Polisi Sebut Kamera Tilang Elektronik Bisa Bantu Buru Pelaku Kriminal

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini