nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikritik Leonardo DiCaprio, Ratusan Ton Sampah Diangkut dari Kali Jambe Bekasi

Wijayakusuma, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 19:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 10 338 2103128 dikritik-leonardo-dicaprio-ratusan-ton-sampah-diangkut-dari-kali-jambe-bekasi-weltGbBkNv.jpg Kali Jambe Bekasi (Foto: Okezone.com/Wijayakusuma)

BEKASI - Problem sampah di Bekasi, Jawa Barat, terus-menerus menjadi sorotan khalayak ramai. Sebut saja kondisi Kali Jambe yang dipenuhi genangan sampah sepanjang 500 meter, hingga cuitan aktor kelas dunia Leonardo DiCaprio terkait TPST Bantargebang yang dipenuhi lautan sampah, menjadi pembahasan rutin media massa belakangan ini.

Usai ramai disorot, kondisi Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Kabupaten Bekasi, kini berangsur bersih. Air kali yang sebelumnya tertutup genangan sampah, kini sudah terlihat kembali. Meski masih terdapat sisa-sisa sampah di pinggiran kali, namun setidaknya sudah sangat mengurangi dampak merugikan yang dialami warga sekitar.

Proses bersih-bersih sendiri dilakukan oleh pemerintah daerah bersama pihak terkait selama dua hari, yakni 6-7 September 2019. Ada sebanyak 100 personel yang dikerahkan, yang terdiri dari UPTD Lingkungan Hidup Kecamatan Tambun Selatan, Dinas PUPR, Koramil serta masyarakat sekitar.

Kalijambe Bekasi

"Kita juga kerahkan 1 unit alat berat backhoe, 5 truk sampah dan 3 gerobak motor. Total sekitar 100 ton sampah yang diangkut dan sudah dibuang ke TPA Burangkeng," kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto di Bekasi, Selasa (10/9/2019).

Untuk mengantisipasi terjadinya kembali genangan sampah, Dodi mengimbau kepada masyarakat khususnya warga sekitar, agar tak lagi membuang sampah di kali sebagaimana menjadi kebiasaan warga selama ini.

"Kita tengah koordinasi dengan Satpol PP untuk penutupan TPS liar. Dan sebagai gantinya kita upayakan penempatan kontainer sampah di lingkungan warga," ujarnya.

Kalijambe Bekasi

Sementara Camat Tambun Selatan, Iman Santoso berencana membuat pagar di bantaran Kali Jambe, sebagai upaya menjaga kebersihan kali dari sampah warga. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menutup TPS-TPS liar yang berada di lingkungan warga.

"Para pemilik lahan TPS liar ini banyak yang beralasan karena tanah milik sendiri, jadi bebas-bebas saja. Padahal itu pemikiran yang salah. Tidak boleh, karena banyak merugikan masyarakat. Bisa juga ditindak karena sudah bentuk pelanggaran," tandasnya.

Kondisi terkini Kali Jambe yang melintas di Perumahan Papan Mas, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, mendapat apresiasi warga terdampak khususnya di Desa Mangunjaya dan Karang Satria. Jika sebelumnya warga di bantaran kali sering mengeluhkan bau sampah yang menguap, kini bau tersebut sudah sangat berkurang meskipun air kali masih berwarna hitam.

"Iya baunya itu menusuk banget, apalagi kalau mau Maghrib," kata Ekawati (54) warga Kampung Siluman, RT 04 RW 05, Desa Mangunjaya.

Selain karena sampah, bau juga disebabkan pembuangan sisa limbah dari rumah pemotongan hewan (RPH), yang sengaja membuang limbahnya ke kali karena tidak tersedianya tempat pembuangan sampah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini