nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPRD Usul Kursi Wagub DKI Dijabat Lebih dari 1 Orang

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 20:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 10 338 2103187 dprd-usul-kursi-wagub-dki-dijabat-lebih-dari-1-orang-DdVhnq2zzY.jpg Ketua DPRD DKI Sementara, Pantas Nainggolan (foto: Okezone.com/Fadel)

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta sementara Pantas Nainggolan mengatakan, ada beberapa usulan dari anggota parlemen Kebon Sirih yang menginginkan jabatan wakil gubernur diisi lebih dari satu orang. Hal itu untuk menggenjot kinerja Pemprov DKI agar lebih baik.

Politikus PDIP itu mencontohkan hal tersebut pernah terjadi sewaktu era kepemimpinan Gubernur Sutiyoso. Di mana saat itu posisi pendamping gubernur mencapai empat orang.

"Tapi usulan itu (posisi wagub diisi lebih dari satu orang) muncul karena dalam kenyataannya sampai dengan Sutiyoso, Wagub DKI itu ada 4 dan itu didukung oleh otonomi DKI yang ada di tingkat provinsi," kata Pantas di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

 Baca juga: Anies Bakal Siapkan Langkah untuk Cegah Tawuran di Jakarta

Menurut dia, munculnya rencana ini untuk menjawab keluhan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kursi wagub yang kosong.

"Tapi sekali lagi ini hanya sekadar usulan. Jadi prinsipnya kita tidak ingin melanggar aturan. Tetapi kalau ada peluang untuk memperbaiki aturan ya kenapa tidak," ujarnya.

 Baca juga: Rombak Wali Kota dan Pimpinan BUMD, Anies Diminta Wajib Lapor DPRD

Ia mengaku akan menyampaikan usulan itu ke Kementerian Dalam Negeri. Dirinya menuturkan, penyampaian itu akan dibicarakan saat menyerahkan tata tertib (Tatib) DPRD yang sudah disepakati anggota legislatif.

"Tapi sekali lagi ini hanya sekadar usulan. Jadi prinsipnya kita tidak ingin melanggar aturan. Tetapi kalau ada peluang untuk memperbaiki aturan ya kenapa tidak," katanya.

(wal)

Berita Terkait

Pemprov DKI Jakarta

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini