nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aturan Ganjil-Genap Diperluas, Jakarta Masih Jadi Kota Terpolusi di Dunia

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 08:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 11 338 2103294 aturan-ganjil-genap-diperluas-jakarta-masih-jadi-kota-terpolusi-di-dunia-BET426rau5.jpg Lengit Jakarta diselimuti polusi asap kendaraan bermotor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kebijakan perluasan aturan ganjil-genap nyatanya tidak memengaruhi pengurangan kadar polusi udara di Jakarta. Faktanya, memasuki hari ketiga pemberlakuan aturan itu, Jakarta masih menempati posisi pertama sebagai kota dengan level polusi udara terparah dunia versi data Air Visual yang diakses Rabu (11/9/2019) pukul 07.57 WIB.

Kualitas udara Ibu Kota berada pada kategori tidak sehat di angka 164 menurut parameter US Air Quality Index (AQI US), atau dengan parameter konsentrasi polusi PM 2,5 sebesar 81,1 µg/m³ dengan kelembaban 78 persen dan kecepatan angin 57,6 km/jam.

Polusi Asap di Jakarta

Wilayah dengan kualitas udara paling tidak sehat di DKI Jakarta berada di kawasan Pegadungan Jakarta Barat, di angka 191 menurut parameter US Air Quality Index (AQI US), atau dengan parameter konsentrasi polusi PM 2.5 sebesar 132.9 µg/m³.

Pemerintah DKI Jakarta telah merespons permasalahan polusi udara dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara di Ibu Kota.

Jakarta Terpolusi di Dunia

Instruksi itu kemudian diterapkan melalui kebijakan perluasan wilayah rekayasa lalu lintas ganjil-genap guna menekan populasi kendaraan sebagai salah satu pemicu polusi. Pemprov DKI juga melakukan uji emisi secara rutin hingga membatasi usia pakai kendaraan yang akan melintas di wilayah setempat.

Tak hanya itu, pengawasan terhadap pabrik yang berpotensi melanggar aturan lingkungan juga dilakukan, termasuk mengintensifkan penghijauan di sejumlah titik kawasan Ibu Kota.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini