nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rampungkan Pembahasan Tatib, DPRD DKI Konsultasi dengan Kemendagri

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 09:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 338 2104270 rampungkan-pembahasan-tatib-dprd-dki-konsultasi-dengan-kemendagri-xbEIVGUw1V.jpg DPRD DKI Jakarta. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta telah merampungkan pembahasan 185 pasal dalam tata tertib yang akan menjadi landasan kerja para anggota dewan periode 2019–2024. Setelah menyelesaikan penyusunan tatib, selanjutnya akan dibahas dikonsultasikan bersama pihak Kementerian Dalam Negeri.

"Selanjutnya adalah penyelarasan redaksional. Berikutnya tatib ini dikonsultasikan dan dievaluasi oleh Kemendagri," kata Wakil Ketua (Sementara) DPRD DKI Jakarta, Syarif, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: PDIP & Demokrat Diminta Segera Serahkan Nama Pimpinan Definitif DPRD DKI  

Ia menjelaskan, pembahasan bersama Kemendagri akan dilakukan pada Rabu 18 September. Nantinya apabila ada pasal baru yang tidak disetujui, maka akan dikembalikan ke pedoman awal.

DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

"Jadi gini, misalnya ada pasal yang Kemendagri enggak cocok, maka bakal dicoret. Alasannya kita given, menerima, enggak boleh ada debat lagi. Tapi bukan berarti pasal itu dihilangkan atau dipangkas ya, itu akan dikembalikan ke pedoman awal yang sudah dievaluasi Kemendagri sebelumnya," jelas Syarif.

Baca juga: Rombak Wali Kota dan Pimpinan BUMD, Anies Diminta Wajib Lapor DPRD 

Ia menambahkan, untuk waktu paripurna pengesahan tatib belum bisa dijadwalkan sebelum ada ketua definitive DPRD DKI Jakarta.

"Jadwal paripurnanya menunggu sumpah janji pimpinan definitif ya. Setelah itu, baru pengesahan tatib," tegas Syarif.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini