nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ada Bangku-Meja di Kelas, Siswa SDN Dekat Rumah Walkot Bekasi Belajar Lesehan

Wijayakusuma, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 14:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 14 338 2104814 tak-ada-bangku-meja-di-kelas-siswa-sdn-dekat-rumah-walkot-bekasi-belajar-lesehan-VNrFF8NESF.jpg Siswa SDN Pekayon Jaya III Bekasi Selatan, Kota Bekasi, belajar secara lesehan karena tidak adanya meja dan bangku. (Ist)

BEKASI – Kondisi miris dunia pendidikan masih terjadi di sejumlah daerah. Seperti yang diperlihatkan di SDN Pekayon Jaya III Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Meski bangunan sekolah tampak megah, ratusan siswa di SD tersebut harus belajar secara lesehan lantaran tidak adanya bangku dan meja di dalam kelas.

Pihak sekolah menyebutkan, kondisi ini telah berlangsung selama dua tahun terakhir. Sebagian siswa menyikapi dengan membawa meja belajar sendiri dari rumah. Bagi siswa yang tidak memiliki meja belajar, terpaksa menulis beralaskan lantai.

"Ya memang kita pun sangat menyayangkan karena pastinya mengganggu konsentrasi siswa saat belajar," kata salah satu guru, Agus Herlana kepada awak media, Sabtu (14/9/2019).

Menurutnya, sekolah yang berdiri di lahan seluas 800 meter persegi itu baru dibangun pada 2017. Ada 6 dari 11 ruang kelas yang tidak memiliki bangku dan meja. Alhasil, siswa hanya diberi alas karpet selama proses belajar-mengajar.

Siswa SDN Pekayon Jaya III Bekasi Selatan, Kota Bekasi, belajar secara lesehan karena tidak adanya meja dan bangku. (Ist)

"Banyak yang bawa meja belajar sendiri dari rumah karena kasihan terlalu bungkuk kalau di lantai," ujarnya.

Ironisnya lagi, lokasi sekolah ternyata hanya berjarak ratusan meter dari kediaman Wali Kota Bekasi. Pihak sekolah pun sudah mengajukan permohonan pengadaan bangku dan meja ke dinas terkait. Namun, hingga saat ini belum mendapat respons.

"Belum ada realisasi. Disdik pun sudah pernah berkunjung sejak sekolah ini dibangun," kata Agus.

Sementara itu, salah satu siswa, Gilang Rifki mengaku agak kesulitan saat mengikuti pelajaran di kelas karena ketiadaan meja dan bangku.

"Agak susah kalau mau nulis. Harus bungkuk gitu. Gampang pegel," katanya.

Keluhan juga dilontarkan Siti Kholifah, selaku orangtua siswa. Ia khawatir belajar secara lesehan akan berakibat pada berkurangnya konsentrasi siswa, yang dapat menyebabkan nilai akademis para anak didik menurun.

"Ya kasihan aja anak-anaknya harus belajar di lantai. Padahal gedungnya baru, tapi kok enggak punya bangku," keluhnya.

SDN Pekayon Jaya III Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. (Ist)

Siti berharap agar pemerintah daerah secepatnya merealisasikan pengadaan bangku dan meja, agar siswa dapat belajar dengan normal selayaknya sekolah pada umumnya.

"Semoga langsung turun tangan Pemkot, biar anak-anak nyaman belajarnya," ujarnya.

Tak hanya ketiadaan meja dan bangku, toilet siswa diketahui juga mengalami kerusakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini