nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antisipasi Banjir saat Musim Hujan, Anies Klaim Sering Lakukan Pengerukan Sungai

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 21:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 14 338 2104919 antisipasi-banjir-saat-musim-hujan-anies-klaim-sering-lakukan-pengerukan-sungai-AE46yTemNs.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengklaim pihaknya telah siap menghadapi musibah banjir yang kerap datang saat musim penghujan yang diprediksi terjadi pada Oktober 2019 mendatang.

Anies mengaku sudah menginstruksikan jajaran Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Lingkungan Hidup untuk bekerjasama menanggulangi masalah tersebut. Salah satunya, yaitu dengan melakukan pengerukan sungai atau kali di Ibu Kota.

"Begini, kalau dari sisi pemerintah DKI kita bekerja sepanjang tahun. Jadi kegiatan untuk pengerukan sungai kemudian pembersihan sungai, pembersihan waduk, pengerukan waduk itu dilakukan sepanjang tahun," kata Anies di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019).

Meski begitu, ia tak yakin jika wilayah Ibu Kota akan bebas banjir saat musim penghujan nanti. Sebab, pengerjaan beberapa waduk yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR di Bogor dan Jakarta tak sesuai dengan target yang telah dipatok sebelumnya.

"Saya dengar mereka mundur waktunya, jadi yang seharusnya diselesaikan akhir tahun ini saya dengar laporan dari kementerian PUPR bahwa belum selesai sesuai jadwal karena ada kendala pembebasan lahan di sana. Tapi kita pantau terus," tuturnya.

Banjir Jakarta

Mantan Mendikbud itu berujar bahwa Jakarta memang berkepentingan atas pengerjaan waduk tersebut demi penanggulangan banjir yang sudah menjadi masalah setiap tahun.

"Jakarta berkepentingan sekali untuk program pembangunan waduk itu selesai segera. Tapi karena pembangunan itu bukan di tangan kami, itu adalah pembangunan oleh PUPR, jadi kita monitoring dekat dengan PUPR," tandas Anies.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini