nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNHCR Setop Beri Makan & Uang, Pencari Suaka Kembali ke Trotoar Kebon Sirih

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 11:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 15 338 2105035 unhcr-setop-beri-makan-uang-pencari-suaka-kembali-ke-trotoar-kebon-sirih-ixtfiNF5Hs.jpg Pencari Suaka di Kawasan Kebon Sirih (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA - Puluhan pencari suaka dari berbagai negara kembali menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2019).

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, puluhan pencari suaka itu nampak berada persis di depan Bank Gamon, dan sekitarnya sembari menggelar matras sebagai alas duduk dan tidur.

Salah seorang pengungsi asal Afganistan Mirza Hussain Sherzad (24) mengaku sudah tiga hari menginap di trotoar, Jalan Kebon Sirih tersebut bersama dengan pencari suaka lainnya.

"Kita sudah tiga hari dari Kalideres dan menginap disini. Dari Jumat lalu," kata Mirza saat ditemui Okezone di lokasi, Minggu (15/9/2019).

Mirza mengungkapkan alasannya kembali dan meninggalkan Kalideres, Jakarta Barat lantaran sudah tidak mendapatkan pasokan makanan maupun minuman.

"Karena UNHCR berhenti memberikan kami makanan minuman dan uang satu juta yang biasa diberikan kepada kami, karena itu kamu kembali," ungkapnya.

Pencari SUaka

Baca Juga: Pemprov DKI Bahas Penanganan Pencari Suaka Bersama Staf Presiden

Diketahui sebelumnya pada 11 Juli lalu para pencari suaka tersebut telah direlokasi ke tenda pengungsian di Kalideres, Jakarta Barat.

Mereka diberikan batas waktu agar segera meninggalkan tempat pengungsian dan diberi bantuan berupa makanan dan minuman oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu hingga batas waktu habis, penanggung jawab para pencari suaka, United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) belum mampu untuk memindahkan para pencari suaka tersebut.

UNHCR lalu membagikan bantuan uang sebagai ganti mereka mencari hunian lain. Tapi sebagian akhirnya kembali atau bertahan di Kalideres dan kini ada yang kembali ke trotoar Jalan Kebon Sirih.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini