nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunga Langka Rafflesia Patma Mekar di Kebun Raya Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 13:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 15 338 2105049 bunga-langka-rafflesia-patma-mekar-di-kebun-raya-bogor-t6z9jFXud8.jpg Bunga Rafflesia saat mekar di Kebun Raya Bogor (foto: Putra/Okezone.com)

BOGOR - Bunga Rafflesia Patma kembali mekar di kawasan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Bunga endemik asal Pangandaran itu mekar untuk ke-14 kalinya sejak pertama mekar pada tahun 2010 silam.

Peneliti Rafflesia Patma Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI atau yang lebih dikenal dengan Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati mengungkapkan bahwa Rafflesia Patma itu memulai proses mekar pada Jumat 13 September 2019 sore.

"Bunga Rafflesia Patma yang kali ini mekar, mulai proses mekar kemarin sore tapi menvapai maksimal tadi subuh. Ini yang ke-14 kali sejak pertama kalo mekar 2010," kata Sofi, Minggu (15/9/2019).

 Bunga Bangkai

Sofi menjelaskan, biasanya bunga langka tersebut hanya bertahan mekar selama 2-3 hari. Hingga kemudian kelopak bunga akan menghitam dan mati.

"Kalau proses mekarnya 24-30 jam yang pernah tercatat. Tapi kemungkinan sekarang ini sedikit agak lambat dan tidak sempurna, kelopak bagian kanan dan atas robek. Kemungkinan besar hak itu pengaruh cuaca kering di Bogor," jelasnya.

Saat ini, lanjut Sofi, ada 12 knop atau bakal bunga Rafflesia Patma yang hidup di Kebun Raya Bogor. Terdapat dua lagi diantaranya yang diperkirakaan juga mekar dalam beberapa minggu ke depan.

"Dari total 12 knop atau bakal calon yang ada, 3 knop diperkirakan akan mekar 2-3 minggu lagi. Tapi harapannya mekar bersamaan dan memunculkan bunga jantan dan betina sekaligus, supaya bisa dibantu proses penyerbukannya," ungkap Sofi.

 Bunga Bangkai

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini