nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dishub DKI Bubarkan Aksi Teatrikal Kekeringan Air di CFD

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 12:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 15 338 2105052 dishub-dki-bubarkan-aksi-teatrikal-kekeringan-air-di-cfd-quxgHR8zya.jpg Petugas Dishub ketika membubarkan aksi kekeringan di CFD Bundaran HI (foto: Okezone.com/Rizki)

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta membubarkan aksi teatrikal yang digelar komunitas Sekolah Relawan saat Car Free Day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (15/9/2019).

Acara itu dibubarkan lantaran dinilai mengganggu pengunjung yang tengah berolahraga di kawasan hari bebas kendaraan bermotor tersebut karena berada persis di sisi kolam air mancur Bundaran HI.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, aksi teatrikal bertajuk 'Suara Ibu Pertiwi' itu dimulai sekira pukul 07.30 WIB. Terlihat ada beberapa pemain beradu akting menggambarkan kondisi warga yang menderita karena kekeringan.

Disaat yang sama terlihat pula ada yang memerankan layaknya 'tuan tanah' yang meminta bayaran kepada warga untuk mengambil air. Alhasil aksi para pemain teater itu pun menjadi sorotan pengunjung car free day yang tengah melintas.

Aksi kekeringan di Bundaran HI

Tak beberapa lama sejumlah petugas Dinas Perhubungan DKI nampak menghampiri panitia dan menanyakan izin. Sempat terjadi diskusi diantara panitia dan petugas Dishub namun belum menemukan titik temu.

Tak beberapa lama kemudian datang Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Limputo yang juga mempertanyakan izin. Karena dianggap tidak bisa menunjukkan izin ia pun memutuskan untuk membubarkan aksi teatrikal tersebut.

Selain tidak memiliki izin aksi itu juga dianggap melanggar karena menggunakan pembatas untuk memblok jalan sehingga ruang untuk aktifitas warga menyempit.

"Hari bebas kendaraan bermotor ini diperuntukan kepada warga beraktifitas berolahraga kita memang memberikan izin untuk aktifitas tetapi tidak untuk memblok jalan seperti ini," kata Safrin saat ditemui Okezone di lokasi, Minggu (15/9/2019).

Aksi kekeringan di Bundaran HI

Syafrin menjelaskan, dengan adanya pemblokan jalan itu sirkulasi aktifitas warga terganggu, terlebih di Bundaran HI sendiri ketika car free day sangat dipadati warga yang berolahraga, sehingga tidak boleh dilaksanakan kegiatan yang mengganggu masyarakat.

"Iya semuanya (kegiatan apapun tidak boleh)," jelasnya.

Safrin menjelaskan, warga yang hendak melakukan kegiatan tertentu disaat car free day di Bundaran HI harus memiliki izin dari dishub DKI. Izin tersebut bisa disampaikan langsung kepada Dishub DKI, setelah itu pihaknya akan membahas apakah izin tersebut bisa diberikan atau tidak.

"Kalau sudah izin, biasanya setiap hari Selasa kita lakukan pembahasan apa saja yang boleh dilakukan, kegiatan silahkan tapi selama tidak memblok jalan pasti kita akan minta dibubarkan karena aktifitas olahraga untuk jalan bersepeda pasti terganggu," terangnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini