nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies : Betawi Harus Jadi Tuan Rumah di Tanah Sendiri

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 18:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 15 338 2105135 anies-betawi-harus-jadi-tuan-rumah-di-tanah-sendiri-s5uQ5JxjM4.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Setu Babakan (Foto: Okezone.com/Rizky)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara Milad dan syukuran Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ke-19 di Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (15/9/2019).

Dalam acara tersebut Anies hadir bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta dan juga didampingi Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali.

"Alhamdulillah sore hari ini kita berkumpul bersama di Setu Babakan menandai 19 tahun Perkampungan Budaya Betawi (PBB), diperingati di bulan Muharram," kata Anies di lokasi acara.

Perkampungan Betawi di Setu Babakan

Anies mengatakan, 19 tahun Milad Perkampungan Budaya Betawi harus menjadi awalan untuk terus menjaga dan mengembangkan kawasan tersebut sehingga bisa membanggakan.

"Bukan saja secara fisik, tapi ada kajian-kajiannya sehingga budaya Betawi benar-benar bisa menjadi yang menjadi harapan saya, yaitu dua hal. Tuan rumah di tanah sendiri dan tamu memesona di tempat lain," papar Anies.

Sebab kata Anies, saat ini masyarakat Betawi sudah ada di mana-mana, bukan hanya di Jakarta. Banyak yang sudah keluar.

"Yang keluar, mereka harus menjadi tamu memesona. Yang di Jakarta, mereka menjadi tuan rumah. Karena itu, saya berharap kita dorong sama-sama. Nanti kita ikut fasilitasi," terangnya.

Ilustrasi

"Insya Allah kita akan sama-sama dorong, Pemprov DKI Jakarta akan mendukung pengembangan perkampungan budaya Betawi ini. Jadi yang menjadi harapan tadi insyaAllah kita akan dukung," tambah Anies.

Lebih jauh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, yang tidak kalah penting selain membangun kawasan budaya Betawi Ia juga berharap Balai Kota DKI Jakarta diisi sejumlah acara khsusunya Betawi sehingga ramai.

Baca Juga : Mahfud MD : Secara Hukum KPK Bukan Mandatris Presiden

"Hari Jumat kemarin ada lenong di Balai Kota. Ada yang datang ngga nih? InsyaAllah bagaimana kalau kita bikin lenong tiap rutin di Balai Kota. Nanti saya bicarakan dengan teman-teman bapak ibu di Bamus Betawi," bebernya.

"Kita berharap nanti Balai Kota juga menjadi salah satu pusat. Karena kita di sini lumayan agak jauh datangnya ke Setu Babakan. Bagi yang ada di daerah Utara dan daerah Pusat, nanti insyaAllah kota buatkan kegiatan kebudayaan-kesenian secara rutin," tambahnya.

Selain itu kata Anies, ia juga berharap Setu Babakan nantinya bisa menjadi rujukan. Kalau ada peniliti kata dia datang dari dunia internasional, ingin tahu tentang Kampung Betawi, datang ke Setu Babakan.

"Ingin melakukan penelitian, datang ke sini. Ingin menulis, datang ke sini. InsyaAllah kampung ini benar-benar menjadi Kampung bukan saja destinasi wisata, bukan saja pusat kebudayaan, tapi juga pusat pegembangan dan publikasi budaya Betawi," jelasnya.

Dalam kesempatan itu Anies juga mengapresiasi terhadap pengurus Setu Babakan yang telah menjaga hingga 19 tahun.

"Alhamdulillah kita bersyukur. Insya Allah nanti kita dorong perkembangannya lebih jauh lagi. Dan buat semua yang hadir di sini, insyaAllah siap memajukan budaya Betawi ya? Siap majukan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini