nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Dugaan Penipuan yang Menyeret Nama Pendiri Kaskus

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 16 September 2019 19:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 16 338 2105598 kronologi-dugaan-penipuan-yang-menyeret-nama-pendiri-kaskus-aHCjr9f3Rf.jpg Titi Sumawijaya laporkan pendiri Kaskus ke Polda Metro Jaya (Foto: Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Pelapor Titi Sumawijaya Empel mengungkapkan alasannya meminjam uang sebesar Rp15 miliar kepada pendiri forum komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus, Andrew Darwis.

Melalui orang kepercayaan Andrew Darwis bernama David Wira, Titi dijelaskan kalau Andrew memiliki dana berlebih, dan membuka jasa investasi dalam bentuk perusahaan pinjaman uang dengan bunga seperti bank, yakni satu persen.

"Dia bilang karena dia saudara Andrew kelebihan dana. Dia (David) akan inves uang dengan cara menjadi founder," ujar Titi di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Ilustrasi

Karena itu, Titi tertarik meminjam uang kepada Andrew Darwis sebanyak itu pada November 2018. Ia pun meminjam uang sebesar itu dengan cicilan selama kurang lebih 13 tahun.

Kendati demikian, Titi mengaku tidak mendapatkan jumlah pinjaman dari Andrew Darwis seperti yang diinginkannya, melainkan hanya sebesar Rp5 miliar.

Baca Juga : Pendiri Kaskus Andrew Darwis Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

Melalui orang bernama Susanto, David Wira memberikan uang sebesar Rp5 miliar yang akan dipinjamkan kepadanya. Namun, Titi mengaku hanya diberikan uang pinjaman sebesar Rp3 miliar.

"Nah, itu kenapa saya tertarik. Pada saat perjalanannya uang tersebut kita pinjam Rp15 miliar, tapi hanya terealisasi hanya Rp5 miliar. Baru 3 minggu kita pinjam dan uang baru cair Rp3 miliar yang harusnya Rp15 miliar," tuturnya.

Selang sebulan, tepatnya pada Desember 2018, surat sertifikat gedung di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, yang menjadi jaminan pinjaman tersebut diganti nama menjadi Andrew Darwis.

Atas peristiwa tersebut, Titi pun memutuskan melaporkan Andrew Darwis ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pemalsuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Laporan tersebut dibuat pada 13 Mei 2019 dengan nomor laporan LP/2959/V/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini