Pencari Suaka Kembali ke Trotoar Kebon Sirih, Anies Bakal Telepon Mensos

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 16 September 2019 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 16 338 2105633 pencari-suaka-kembali-ke-trotoar-kebon-sirih-anies-bakal-telepon-mensos-okROXgynOQ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Okezone.com/Fadel)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan menelepon Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang untuk menagih janjinya terkait pemindahan pencari suaka ke salah satu panti milik Kemensos di kawasan Jakarta Timur.

"Saya akan telepon Pak Mensos, karena waktu itu sudah siapkan tempat. Ada tempat kemensos punya tempat di sana (Jakarta Timur). Terus mereka siapkan tempat di situ," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).

Pencari suaka di trotoar Kebon Sirih (Foto: Okezone)

Menurut dia, dalam menyelesaikan masalah itu yang memiliki kewenangan adalah pemerintah pusat. Sehingga, pihaknya hanya bisa berkoordinasi untuk sekadar mengingatkan Kemensos agar segera menindaklanjutinya.

"Karena Jakarta ibu kota ada UNHCR, kalau enggak ada UNHCR barangkali mereka juga enggak datang ke sini. Ini kan kantornya di sini, di Kebon Sirih pula. Jadi saya akan koordinasi dengan pusat, untuk pusat mau menghandle itu," ujarnya.

Sebelumnya, puluhan pencari suaka dari berbagai negara kembali menempati trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, puluhan pencari suaka itu nampak berada persis di depan Bank Gamon, dan sekitarnya sembari menggelar matras sebagai alas duduk dan tidur.

Baca Juga : UNHCR Setop Beri Makan & Uang, Pencari Suaka Kembali ke Trotoar Kebon Sirih

Salah seorang pengungsi asal Afganistan Mirza Hussain Sherzad (24) mengaku sudah tiga hari menginap di trotoar, Jalan Kebon Sirih tersebut bersama dengan pencari suaka lainnya.

"Kita sudah tiga hari dari Kalideres dan menginap di sini. Dari Jumat lalu," kata Mirza saat ditemui Okezone di lokasi, kemarin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini