nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bicara di Sosialisasi Program KB, Anies Baswedan: Nenek Saya Anaknya 11

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 11:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 338 2106262 bicara-di-sosialisasi-program-kb-anies-baswedan-nenek-saya-anaknya-11-cwKKZxlwBk.jpg Anies Baswedan. (Foto: Sarah H/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyuarakan pentingnya program Keluarga Berencana (KB). Ia pun sempat membahas pesan sang nenek saat berbicara pada penutupan acara Penutupan Kegiatan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan.

Anies bercerita, neneknya memiliki 11 anak dan berpesan agar tak mengalami hal yang sama. "Nenek saya itu anaknya 11 Pak. Jadi sangat kredibel untuk bicara soal keluarga berencana. Jadi Beliau mengatakan, jangan alami apa yang saya alami," kata Anies di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (18/9/2019).

Mantan Mendikbud mengatakan, neneknya adalah pendiri dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) pada 1950-an.

Selain itu, Anies merasa kredibel ketika diminta untuk membahas mengenai program Keluarga Berencana karena merasakan masa-masa di mana pengendalian kehamilan masif dilakukan pemerintah pada 1970-1980.

Anies Baswedan.

Namun, pada era sekarang ini, Anies menyebutkan terdapat hal yang lebih rumit daripada sekadar program KB, yakni mengenai kesehatan dan tumbuh kembang si anak.

"Dulu sekadar berbicara mengenai pengendalian pertumbuhan penduduk dan bagaimana keluarga dirancang secara terencana. Saat ini kita menemukan apa yang tadi disampaikan oleh Pak Dokter Hasto, kompleksitas masalah kesehatan yang akibat perkembangan ilmu pengetahuan, kita sekarang bisa mendeteksi itu sebagai ketidaknormalan," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini