nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polresta Depok Belum Telusuri Aliran Uang PT Damtour

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 13:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 18 338 2106318 polresta-depok-belum-telusuri-aliran-uang-pt-damtour-zTJH8tW7O5.jpg Kapolresta Depok AKBP Aziz Andriansyah Gelar Pekara Kasus Penipuan Umrah yang Melibatkan PT Damtour (foto: Okezone/Wahyu M)

DEPOK - Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah mengatakan saat ini penyidik Kriminal Khusus (Krimsus) Polresta Depok belum menelusuri aliran uang PT Damtour yang menipu 200 calon jamaah umrah yang dirugikankan senilai Rp4 Miliar.

Dia mengaku saat ini pihaknya masih mendalami penyidikan terhadap Direktur PT. Damtour, Hambali Abbas (39) terkait penipuan dan penggelapan.

Baca Juga: Begini Modus PT Damtour Tipu 200 Calon Jamaah Umrah 

"Kami masih menyelidiki dulu karena, pasal yang digunakan sementara 372 dan 378 penipuan dan penggelapan dengan cara bujuk rayu dan kata-kata bohong dan sebaginya teemasuk mendapatkan keuntungan sendiri," ucap Azis kepada wartawan di Polresta Depok, Rabu (18/9/2019).

Pelaku penipuan terhadap calon jamaah umrah. (foto: Polresta Depok)	 

Azis juga menuturkan bahwa pihaknya masih melengkapi dokumen sehingga belum melakukan koordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Belum nanti baru dua hari lita tangkap kelengkapan penyidikan kita arahkan kesana," tuturnya.

Sebelumnya, sebanyak ratusan calon jamaah umrah gagal menunaikan ibadah ketanah suci Makkah, Arab Saudi karena ditipu oleh agen perjalan umrah PT. Damtour yang beralamat di Jalan Tole Iskandar No.6-7 Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: PT Damtour Diduga Tipu Ratusan Calon Jamaah Umrah, Kerugian Rp4 Miliar 

Meraka para korban berasal dari 15 daerah yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Padang, Palembang, Indramayu, Kuningan, Kebumen, Ciamis, Brebes, Surabaya, Lampung dan Madura dengan kerugian senilai Rp 4M.

"Kami telah mengamankan pelaku Hambali Abbas (39) direktur PT. Damtour yang melakukan penipuan kepada masyarakat yang ingin beribadah umrah. Saat ini korban sebanyak 200 orang dengan kerugian 4 Miliar, ini kemungkinan masih bisa bertambah karena masih kami kembangkan kasusnya," kata Kapolresta Depok, AKBP Azis Andriansyah kepada wartawan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini