nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditolak Pemprov Riau, Anies: Kami Kirim Bantuan Karhutla ke Pemerintah Pusat

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 13:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 18 338 2106327 ditolak-pemprov-riau-anies-kami-kirim-bantuan-karhutla-ke-pemerintah-pusat-IQglbl4Udm.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto : Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi terkait kabar penolakan Pemprov Riau terhadap 65 personel gabungan yang dikirim untuk membantu membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah tersebut.

Menurut Anies, puluhan personel tim gabungan yang dikirim pihaknya ditujukkan kepada pemerintah pusat, bukanlah Pemprov Riau. Nantinya, bantuan itu akan diarahkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Enggak, kami kan ngirimnya enggak ke sana. Ngirimnya ke pemerintah pusat. Nanti pemerintah pusat yang ngirim ke sana," ujar Anies di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (18/9/2019).

Bahkan, Anies menjelaskan, kini bala bantuan dikirim untuk menanggulangi karhutla diarahkan ke Kalimantan Tengah (Kalteng) karena kondisi di sana yang dianggap parah.

"Yang mengarahkan ke sana juga Kementerian Dalam Negeri, jadi bukan kami yang menentukan," tuturnya.

Pemadaman kebakaran hutan Riau (BNPB)

Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini bersyukur kalau masalah api di Riau kini telah diselesaikan. Pasalnya, tim bantuan itu dikirim untuk membantu menanggulangi masalah tersebut.

"Kami bersyukur kalau masalah api sudah selesai karena memang tujuan kita adalah membantu memadamkan api dan mengendalikan dampak-dampak asap," tutur Anies.


Baca Juga : Anies Kirim Tim Bantu Penanggulangan Karhutla di Riau

Sekadar diketahui, merespons pengiriman bantuan 65 personel dari Pemprov DKI, Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, mengatakan pihaknya belum membutuhkan bantuan personel untuk mengatasi karhutla. Itu karena, Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau ini menjelaskan, pihaknya sudah memiliki personel yang cukup untuk mengatasi masalah karhutla. Saat ini jumlah personel penanganan karhutla Riau sebanyak 5.499.

"Sesuai arahan gubernur (Gubernur Riau, Syamsuar-red) selaku Komandan Satgas Karhutla Riau, kami masih cukup banyak personel," kata Edwar Sanger, Selasa (17/9/2019).


Baca Juga : Anies Kirim Bantuan, BPBD Riau: Kami Punya Personel Cukup Atasi Karhutla

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini