nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cemari Udara, 4 Industri Rumahan di Cilincing Jakut Disegel

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 15:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 338 2106374 cemari-udara-4-industri-rumahan-di-cilincing-jakut-disegel-tZUc5NR8A7.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko (kanan). (Foto : Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan industri rumahan peleburan aluminium di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, telah melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lingkungan serta peraturan daerah (Perda) karena telah mencemari udara.

"Bukan sekadar melanggar Perda, tapi juga melanggar Undang-Undang. Karena itu, kemudian dilakukan tindakan hukum oleh aparat kepolisian," ucap Anies di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (18/9/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, pihaknya telah melakukan kunjungan ke lokasi pada Jumat, 23 September 2019.

Kemudian, Tim Reskrim Polres Metro Jakarta Utara telah melakukan penyegelan, dan pemasangan police line di 4 industri rumahan peleburan aluminium tersebut pada hari Senin, 13 September pada 13.30 WIB.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Dok Okezone.com)

"Karena ada pelanggaran tentang UU Perlindungan Lingkungan ya, UU 32/2009. Itu sudah dilakukan, untuk tahapan selanjutnya sudah pemeriksaan saksi-saksi. Untuk seluruh proses produksi di sana sudah dilakukan penghentian sejak pemasangan police line," tutur Sigit.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, pihaknya akan segera menutup industri rumahan lainnya yakni pembakaran arang. Ia pun menyebutkan bahwa perusahaan tersebut juga melanggar undang-undang.


Baca Juga : 25 Industri Rumahan di Jakut Cemari Udara

"Ya informasi pelanggaran UU-nya sama sehingga perlakuannya akan dilakukan hal yang sama. Rencananya hari ini akan dilaksanakan penyegelan di lokasi," tuturnya.


Baca Juga : Anies: Polisi Dalami Industri Rumahan di Cilincing Diduga Cemari Udara

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini