nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Denda Rp500 Ribu bagi Penyerobot Jalur Sepeda Berlaku 20 November 2019

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 23 September 2019 13:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 23 338 2108168 pengendara-yang-melintas-di-jalur-sepeda-akan-didenda-rp500-ribu-ockEUTdhoX.jpg Ilustrasi jalur sepeda di Jakarta. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan melakukan penilangan kepada pengendara motor yang melintas di jalur sepeda, mulai Rabu 20 November 2019. Pihaknya akan bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menindak para pelanggar tersebut.

Ia menjelaskan, dasar hukum yang akan diterapkan kepada para pelanggar adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Nah, jalur sepeda akan berlaku efektif pada tanggal 20 November 2019 dan oleh sebab itu mulai tanggal itu penegakan hukum berlaku efektif," kata Syafrin kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Syafrin menyebutkan, berdasarkan regulasi tersebut, pelanggar rambu-rambu termasuk marka jalur sepeda akan didenda sanksi Rp500 ribu. "Kita pasang marka utuh di sana kemudian ada kendaraan motor yang melanggar, itu kena pelanggaran marka," katanya.

Ia mengaku telah mengerahkan petugas keliling di sepanjang jalur sepeda yang berada di Jalan Pemuda, Jakarta Timur. Hal itu guna mengantisipasi pengendara ojek online (ojol) yang kerap mangkal di kawasan tersebut. Mereka akan memberikan edukasi untuk tak lagi memarkirkan motor di sana.

Foto: Okezone

"Kami sudah melakukan patroli secara rutin," ujarnya.

Sebelumnya, beredar gambar para pengendara ojek daring memarkir kendaraannya berderet di sepanjang jalur khusus sepeda, di kawasan Jalan Pemuda, Jakarta Timur. Sementara pengemudi ojol duduk berkumpul di trotoar jalan.

Selain ojek online, sejumlah pengemudi transportasi umum roda tiga bahan bakar gas (BBG) juga memarkirkan kendaraannya di jalur khusus sepeda. Transportasi BBG itu diparkir berbaris.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini