nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Demo Mahasiswa, Penumpang KRL Melonjak di Sejumlah Stasiun

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 17:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 24 338 2108765 ada-demo-mahasiswa-penumpang-krl-melonjak-di-sejumlah-stasiun-OLLKIcU3Es.jpg KRL (Foto: Ist)

JAKARTA - Situasi sejumlah stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line di wilayah Jakarta pada Selasa (24/9/2019), terpantau lebih padat. Kepadatan ini ditengarai adanya aksi mahasiswa yang berangkat menuju Gedung DPR, Senayan, Jakarta menggunakan KRL.

Namun, penambahan sejumlah personel petugas pelayanan, pengamanan, petugas kebersihan serta perangkat loket tambahan maupun loket mobile membuat suasana stasiun kondusif. 

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba mengatakan, dari data PT KCI hingga pukul 15.00 WIB, terdapat lonjakan jumlah volume naik-turun penumpang KRL di beberapa Stasiun di wilayah Jakarta.

Baca Juga: Demo di Depan DPR Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Mahasiswa

Di Stasiun Palmerah tercatat volume penumpang yang naik dan turun sebanyak 27.075 penumpang atau meningkat sekitar 343% disbanding kondisi normal pada rentang waktu yang sama yaitu 6.110 penumpang.

"Uuntuk Stasiun Tanah Abang tercatat 36.970 penumpang atau naik 79% dari jumlah biasanya yaitu 20.646 penumpang," ujarnya melalui keterangan tertulisnya.

Ilustrasi KRL

Sedangkan di Stasiun Gondangdia tercatat 24.211 penumpang atau meningkat 322% dari jumlah penumpang di waktu yang sama yaitu 5.740 penumpang, serta Stasiun Juanda tercatat 21.713 penumpang atau meningkat 266% dari jumlah biasanya yaitu 5.934 penumpang.

Anne menuturkan, demi kemudahan dan kenyamanan bersama, PT KCI mengajak para pengguna jasa untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjaminan Pergi Pulang (THB PP). Dengan menggunakan THB PP, pengguna tidak perlu lagi mengantri untuk isi ulang relasi ketika akan kembali menggunakan KRL untuk perjalanan pulang.

Baca Juga: Mahasiswa Blokade Jalan Tol Depan Gedung DPR

PT KCI juga mengimbau kepada para pengguna jasa untuk tetap tertib dalam menggunakan KRL dengan tidak membawa barang-barang yang dilarang dan melewati dimensi ukuran barang bawaan yang diizinkan, seperti bambu dan sejenisnya. Selain itu, bagi para pengguna juga diajak untuk mengikuti seluruh aturan yang berlaku di KRL antara lain tidak makan dan minum di dalam KRL, serta tidak membuang sampah sembarangan.

"Pengguna juga kami ajak untuk mengutamakan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke dalam KRL yang sudah penuh," tuturnya.

Selanjutnya, apabila kondisi stasiun-stasiun tersebut sudah sangat padat, pihaknya mengimbau pengguna jasa untuk menggunakan stasiun alternatif yang letaknya berdekatan dengan stasiun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini