nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies: Ancaman Penggantian Ideologi Pancasila ke Komunis Itu Nyata

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 10:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 01 338 2111365 anies-ancaman-penggantian-ideologi-pancasila-ke-komunis-itu-nyata-02lgnRxi7L.JPG Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan usai pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monas (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menilai ancaman penggantian ideologi Pancasila ke paham komunis gerakannnya sangat nyata. Bahkan, percobaan itu kerap terjadi berulang kali dengan oknum-oknum yang berbeda-beda.

Namun, ia tak menjelaskan bentuk pergerakan penganut paham komunis itu seperti apa, hingga bisa mengancam keutuhan NKRI.

Hal itu diutarakan Anies usai menjadi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 di Lapangan Silang Monas Selatan Gambir Jakarta Pusat Selasa (1/10/2019).

"Ketika kita memperingati hari kesaktian Pancasila ini mengingatkan kita bahwa ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis itu nyata. Itu bukan fiksi, tapi itu adalah kenyataan, dan sudah berulang kali," ujarnya.

Menurut dia, peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober harus selalu dijunjung tinggi oleh setiap insan. Sehingga, Pancasila akan tetap utuh hingga akhir hayat nanti.

Anies Baswedan

"Karena itu peringatan ini juga harus mengingatkan kita untuk selalu waspada," ucapnya.

Ia mencontohkan, cara terbaik untuk menjaga Pancasila dari ancaman pemahaman apapun, maka setiap warga negara Indonesia harus mampu menjalankan setiap amanat yang tercantum di dalam Pancasila.

"Cara yang paling mendasar untuk kita lakukan menjaga Pancasila adalah justru dengan menghadirkan sila itu. Sila yang paling dihadirkan adalah sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," kata dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu meyakini, bila sila ke-5 Pancasila ini diimpelementasikan dengan baik, maka Ideologi baru yang hendak diusung kelompok tertentu bakal mental dengan sendirinya.

"Kalau ada pelaksanaan sebaik-baiknya sila Keadilan Sosial maka InsyaAllah ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan bisa menembus karena masyarakat merasakan bahwa Pancasila menjadi keseharian, Pancasila dalam keadilannya menjadi kenyataan," ujar Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini