nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Biskuit, Begini Modus Hasan Selundupkan Sabu ke Umar Kei di Rutan Polda Metro

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 14:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 338 2113846 pakai-biskuit-begini-modus-hasan-selundupkan-sabu-ke-umar-kei-di-rutan-polda-metro-vgaKKt9GVj.jpg Polisi menjelaskan kasus penyelundupan sabu-sabu ke Umar Kei di Rutan Polda Metro Jaya (Okezone.com/Sarah)

JAKARTA – Pria bernama Muhammad Hasan alias MH terciduk polisi menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu untuk tokoh pemuda Maluku, Umar Kei yang ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, Jakarta. Modusnya adalah dengan menyembunyikannya dalam kaleng biskuit.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, tersangka meletakkan sabu-sabu di dasar kaleng biskuit lalu ditutupi tumpukan roti biskuit.

Baca juga: Umar Kei Pakai Sabu Sejak 2005

"Yang bersangkutan (MH) membawa sabu dengan dimasukkan ke dalam kaleng biskuit. Jadi, ditaruh di paling dasar, dibungkus plastik hitam, ditutup roti lalu diisolasi," kata Argo dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

 Ilustrasi

Tujuan kaleng biskuit berisi sabu itu diisolasi atau lakban adalah agar terlihat seolah-olah biskuit kaleng itu masih baru sehingga petugas tidak curiga.

Baca juga: Umar Kei Ditangkap Diduga saat Nyabu, Sepucuk Senjata Api Disita

Argo menyebutkan pihaknya menemukan sabu seberat 20,95 gram pada saat penggeledahan. Selain itu, Hasan juga menyembunyikan cangklong atau alat isap sabu yang terbuat dari kaca di dalam botol air mineral.

"Yang bersangkutan juga membawa air mineral, di dalamnya ada cangklong. Secara kasat mata tidak terlihat karena cangklong terbuat dari kaca dan bening," ujar Argo.

Hasan diketahui sudah tiga kali menyelundupkan sabu untuk Umar Kei sebelum ditangkap. Dia sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Umar Kei sendiri ditahan di Rutan Polda Metro karena jadi tersangka kasus sabu-sabu. Ia tangkap diduga saat mengonsumsi sabu-sabu bersama tiga temannya di Hotel Amaris, Senen, Jakarta Pusat, Senin 12 Agustus 2019.

Dari penangkapan itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya adalah senjata api jenis revolver, lima plastik klip berisi sabu, dan 1 buah power bank.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini