nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPRD DKI Desak Kemendagri Segera Sahkan 5 Pimpinan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 07:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 08 338 2114119 dprd-dki-desak-kemendagri-segera-sahkan-5-pimpinan-riUOPHNQya.jpg Penetapan 5 pimpinan DPRD DKI. (Foto : Dok Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA – Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera mengirim surat resmi pengesahan lima pimpinan DPRD definitif. Pengesahan pimpinan tersebut untuk menunjang kinerja parlemen Kebon Sirih.

Sekadar diketahui, Ketua DPRD DKI Jakarta untuk periode 2019-2024 adalah Prasetyo Edi Marsudi dari Fraksi PDIP. Sementara Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra adalah M Taufik, dari Fraksi PKS adalah Abdurahman Suhaimi.

Selain itu, dari Fraksi Demokrat yang menjadi wakil ketua DPRD DKI Jakarta adalah Misan Samsuri, dan terakhir dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) adalah Zita Anjani.

"Paripurna pelantikan setelah menunggu surat resmi dari Kemendagri," kata Pantas kepada wartawan, Selasa (8/10/2019).

Rapat paripurna DPRD DKI soal pengucapan janji anggota dewan periode 2019-2024 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). (Foto : Okezone.com/Fadel Prayoga)

Bila sudah melantik lima pimpinan definitif, kata dia, pihaknya akan langsung mengesahkan tata tertib (Tatib) DPRD DKI periode 2019-2024 dan pengesahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Menurut Pantas, hal itu yang saat ini paling mendesak. Sebab bila tatib dan AKD belum disahkan, wakil rakyat DKI yang baru tidak bisa bekerja menampung aspirasi warga Ibu Kota.


Baca Juga : 5 Pimpinan DPRD DKI Jakarta Resmi Ditetapkan

"Selanjutnya ya pengesahan tatib. Baru pembentukan AKD semuanya. Itulah yang mendesak," kata Pantas.

Menurut dia, pembahasan pimpinan komisi sejauh ini tak ada masalah dan berjalan lancar. Dirinya akan mengumumkan nama-nama politikus yang duduk di masing-masing komisi dan badan setelah lima pimpinan definitif dilantik.

Baca Juga : Pelantikan Pimpinan DPRD DKI Jakarta Tunggu SK Kemendagri

"Pokoknya kita musyawarah mufakat aja. Kita mencoba membumikan nilai-nilai musyawarah itu," ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini